LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMP N 5 DEPOK

Bernadus Kuncahyo Hadi, Bernadus Kuncahyo Hadi (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMP N 5 DEPOK. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Bernadus Kuncahyo H 13416244011 IPS.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Mata kuliah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki keterampilan dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah ataupun lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan salah satu lembaga yang menghasilkan tenaga kependidikan yang telah berusaha meningkatkan kualitas pendidikan agar mampu menghasilkan lulusan yang baik dan profesional. Mata kuliah ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa kependidikan di UNY. Program PPL ini merupakan sarana pengaplikasian ilmu yang telah diperoleh mahasiswa di bangku kuliah. Mahasiswa juga dapat belajar dari lembaga sekolah sekaligus dapat menyumbangkan pemikiran dan tenaga guna pembangunan lembaga pendidikan yang bersangkutan. Selain itu, program PPL ini merupakan salah satu wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat yang dalam hal ini adalah sekolah. Dalam hal ini masyarakat sekolah turut membantu serta mendukung pengembangan sekolah melalui program PPL. Pelaksanaan PPL di SMP Negeri 5 Depok dilaksanakan pada tanggal 15 Juli - 15 September 2016. Pelaksanaan kegiatan PPL secara umum meliputi 3 tahapan yaitu, persiapan, pelaksanaan, penyusunan laporan dan evaluasi. Adapun pelaksanaan program PPL tersebut meliputi observasi sekolah, observasi kelas, persiapan mengajar, praktik mengajar, pelaksanaan piket di sekolah, pelaksanaan piket guru, serta kegiatan-kegiatan lain yang bertujuan untuk mengembangkan diri mahasiswa agar siap menjadi tenaga pendidik yang berkualitas di masa mendatang. Pada tahap praktik mengajar, mahasiswa menyaiapkan perangkat pembelajaran yag meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial diberi kesempatan untuk mengajar di kelas VIII A, VIII B, VIII C, dan VIII D dengan alokasi waktu 2 x 40 menit dan untuk setiap pertemuan. Permasalahan yang ditemui mahasiswa PPL di SMP Negeri 5 Depok adalah pengondisian siswa di kelas dan media yang interaktif yang juga berkesinambungan terhadap materi ajar.Secara umum kegiatan PPL bertujuan melatih mahasiwa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimilikinya dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya., sehingga mahasiswa memiliki dapat memiliki pengalaman yang dapat digunakan sebagai bekal untuk mengembangkan kompetensinya di masa yang akan datang dalam kaitannya dengan pendidikan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengeolaan kelas. Mahasiswa dapat mengembangkan ilmu serta keterampilan mengajar yang dimiliki sesuai bidang keilmuan yang ditempuh. Pengelolaan kelas sangat perlu ditingkatkan agar siswa dapat menerima materi pembelajaran dengan baik. Salah satu hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan pengelolaan kelas diantaranya adalah membangun komunikasi yang baik antara mahasiwa PPL dengan siswa-siswa, sehingga terjalin kerjasama antara guru dan siswa ketika melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas. Namun secara umum kegiatan PPL tersebut berjalan secara lancar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Kegiatan PPL, SMPN 5 Depok
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Dec 2016 01:09
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45073

Actions (login required)

View Item View Item