LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN 2016 LOKASI SD NEGERI SINDUADI 1 MLATI SLEMAN

DEWI BUDI LESTARI, DEWI BUDI LESTARI (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN 2016 LOKASI SD NEGERI SINDUADI 1 MLATI SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan guna memberikan kesempatan kepada mahasiswa UNY untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang pendidikan. PPL ini dilaksanakan pada semester khusus tahun 2016 selama 2 bulan, yaitu dari tanggal 18 Juli 2016 sampai dengan 20 September 2016. SD Negeri Sinduadi 1 merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi salah satu lokasi PPL pada tahun 2016. Tujuan dari program PPL ini adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah, atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga yang terkait dengan proses pembelajaran; dan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah, klub, atau lembaga pendidikan. Kegiatan yang dilakukan dalam PPL ini adalah mengajar di kelas selama 2 bulan. Sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan di kelas, praktikan menyusun perangkat pembelajaran, yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media pembelajaran, beserta kelengkapan pembelajaran lainnya. Setelah itu melakukan evaluasi dan tindak lanjut pembelajaran. Secara umum, pelaksanaan kegiatan PPL berjalan baik sesuai dengan yang telah direncanakan. Bentuk pelaksanaan kegiatan PPL terdiri atas praktik mengajar terbimbing, praktik mengajar mandiri, dan ujian praktik mengajar. Praktik mengajar terbimbing dilakukan empat kali, praktik mengajar mandiri dilakukan empat kali dalam satu hari (full day), dan ujian praktik mengajar dilakukan dua kali. Masing-masing jenis praktik mengajar dilakukan di kelas rendah dan kelas tinggi, eksak dan non eksak. Dari pelaksanaan kegiatan PPL, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi sebagai guru kelas, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, keterampilan, dan nilai sikap yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Dec 2016 08:30
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45038

Actions (login required)

View Item View Item