LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 2 KALASAN

Khairul Anam, Khairul Anam (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 2 KALASAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Khairul Anam_13312244018_Pendidikan IPA.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di sekolah merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang telah dipelajarinya di bangku perkuliahan. Dalam pelaksanaan kegiatan PPL, mahasiswa diberikan kesempatan untuk menerapkan teori-teori tersebut sekaligus mencari ilmu secara empirik dan bersifat faktual, tidak sekedar ilmu teoritis. Kegiatan PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata dan langsung kepada mahasiswa sebagai calon pendidik, sehingga mahasiswa dapat menerapkan, mempersiapkan, dan mengembangkan kemampuannya sebagai seorang pendidik. Kegiatan PPL dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran di sekolah secara langsung. Pelaksanaan kegiatan PPL di SMP Negeri 2 Kalasan dilakukan pada tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan tanggal 15 September 2016. Kegiatan PPL dilakukan dengan kegiatan awal yaitu observasi lingkungan sekolah kemudian dilanjutkan observasi kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Selanjutnya, mahasiswa PPL diberikan kesempatan untuk mengajar di kelas dengan melakukan kegiatan pembelajaran sesuai jadwal yang telah ditentukan. Kelas yang diampu oleh mahasiswa sebanyak satu kelas yaitu kelas VII D, namun mahasiswa PPL juga membantu mengajar di kelas VII C, VII E, VII F, VIII D, dan VIII E. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas, antara lain percobaan, diskusi kelompok, permainan dan tanya jawab. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain gambar, video, slide power point, LKPD beserta alat dan bahan yang digunakan dalam percobaan. Kendala dan hambatan yang dihadapi mahasiswa selama PPL antara lain sulitnya pengelolaan kelas, manajemen waktu, dan masih grogi saat mengajar. Namun hambatan tersebut dapat diminimalisir berkat bimbingan dari guru pembimbing lapangan yang selalu memberikan saran terkait hambatan yang dihadapi mahasiswa. Pelaksanaan kegiatan PPL di sekolah, dapat memberikan mahasiswa bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Kegiatan PPL dapat terlaksana dengan lancar dan sukses berkat kerjasama dan kerja keras semua pihak. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP Negeri 2 Kalasan, Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Dec 2016 07:02
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45028

Actions (login required)

View Item View Item