LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) PERIODE 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016 LOKASI SMP NEGERI 3 KALASAN Sidokerto, Purwomartani, Kalasan Sleman

MUTHIA ICHSANI PUTRI, MUTHIA ICHSANI PUTRI (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) PERIODE 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016 LOKASI SMP NEGERI 3 KALASAN Sidokerto, Purwomartani, Kalasan Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dalam rangka mengembangkan kompetensi mahasiswa prodi kependidikan, Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan mata kuliah praktik wajib lulus Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang didahului dengan serangkaian mata kuliah prasyarat seperti berbagai mata kuliah kependidikan dan pengajaran mikro (Micro Teaching). Mata kuliah PPL bersifat praktik, dilaksanakan langsung di sekolah. Program PPL dilaksanakan praktikan bertempat di SMP Negeri 3 Kalasan dimulai tanggal 15 Juli 2016 dan berakhir pada 15 September 2016. PPL memiliki tujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa agar dapat mengembangkan kompetensi – kompetenmsi keguruan didalam dan diluar kelas lingkungan sekolah. Kompetensi yang dikembangkan antara lain kompetensi professional, sosial, kepribadian, dan pedagogik. Mengembangkan keempat kompetensi tersebut, praktikan mewujudkan dalam beberapa kegiatan antara lain kegiatan belajar mengajar di kelas, mempersiapkan pembelajaran dikelas seperti membuat RPP, mempersiapkan materi ajar, evaluasi, dan lain lain. Selain melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan belajar mengajar, praktikan juga melaksanakan kegiatan lain baik kegiatan rutin sekolah maupun kegiatan lain yang mendukung pendidikan dan kemajuan sekolah mseperti piket bersalaman dengan peserta didik, kebersihan, pendampingan HUT RI, pendampingan upacara peringatan Hari Pramuka, dan lain – lain. Pelaksanaan PPL ada kalanya praktikan menemukan kendalam namun hal ini memberikan dampak positif (pembelajaran) dan menambah pengalaman praktikan dalam menyelesaikan masalah – masalah yang terjhadi di dunia sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Dec 2016 04:45
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45015

Actions (login required)

View Item View Item