PELAKSANAAN PEMBELAJARAN APRESIASI DRAMA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PAKEM SLEMAN

Putri Wulandari, Dwyana (2016) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN APRESIASI DRAMA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PAKEM SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (63MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Pertama mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran apresiasi drama pada kelas VIII di SMP Negeri 1 Pakem berdasarkan komponen pembelajaran. Kedua, mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran apresiasi drama kelas VIII di SMP Negeri 1 Pakem. Ketiga, mendeskripsikan upaya guru mengatasi hambatan dalam pembelajaran apresiasi drama kelas VIII di SMP Negeri 1 Pakem. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian, yaitu siswa kelas VIII C SMP N 1 Pakem dan guru bahasa Indonesia SMP N 1 Pakem. Objek penelitian ini adalah pembelajaran drama pada kelas VIII di SMP Negeri 1 Pakem. Data dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, dan analisis dokumen. Instrumen utama dalam penelitian adalah peneliti sendiri. Teknik yang digunakan untuk mencapai kredibilitas dalam penelitian ini adalah triangulasi dan peningkatan ketekunan. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dengan tiga tahapan, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik, ditinjau dari delapan komponen pembelajaran, yakni siswa, guru, tujuan, materi, strategi, media, metode, dan penilaian. Kedua, faktor pendukung keberhasilan pembelajaran drama dari siswa adalah kemampuan siswa dalam bersastra dan motivasi siswa dalam belajar, dari guru adalah semangat dan motivasi guru dalam mengajar, dan dari lingkungan dan waktu adalah sarana prasarana pembelajaran memadai dan hubungan baik antarwarga sekolah. Adapun faktor penghambat keberhasilan pembelajaran muncul dari berbagai hal antara lain ketidakaktifan siswa dalam belajar, rendahnya rasa percaya diri siswa, guru kurang menguasai IT, minimnya metode dan strategi yang digunakan guru, keterbatasan dalam pengucapan guru, fasilitas perpustakaan kurang memadai, jendela kaca kelas terpasang rendah, banyak waktu yang tidak efektif, dan pembelajaran di siang hari. Ketiga, upaya guru mengatasi hambatan dengan memaksimalkan kerja guru, menggunakan kemampuan yang dimiliki guru, memvariasikan metode dan strategi pembelajaran, memaksimalkan penggunaan buku dan membaca buku sastra, melakukan pembaruan buku, memadatkan materi, memberi penugasan, dan membebaskan siswa dalam penugasan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 27 Dec 2016 02:52
Last Modified: 30 Jan 2019 12:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45011

Actions (login required)

View Item View Item