PENGEMBANGAN MODUL MENGGAMBAR PROPORSI TUBUH WANITA DEWASA DALAM MATA PELAJARAN MENGGAMBAR BUSANA PADA SISWA KELAS X SMK MA’ARIF 2 PIYUNGAN

Ida, Nur Diana (2016) PENGEMBANGAN MODUL MENGGAMBAR PROPORSI TUBUH WANITA DEWASA DALAM MATA PELAJARAN MENGGAMBAR BUSANA PADA SISWA KELAS X SMK MA’ARIF 2 PIYUNGAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan modul menggambar proporsi tubuh wanita dewasa di SMK Ma’arif 2 Piyungan pada mata pelajaran menggambar busana, 2) mengetahui kelayakan media modul menggambar proporsi tubuh wanita dewasa di SMK Ma’arif 2 Piyungan pada mata pelajaran menggambar busana. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (research and development) menggunakan model Borg&Gall yang disederhanakan tim puslitjaknov dengan 5 langkah penelitian yaitu: 1) analisis produk, 2) Mengembangkan produk awal, 3) Validasi ahli dan revisi, 4) Uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk, 5) Uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Subyek dalam penelitian ini yaitu 17 siswa kelas X busana butik di SMK Ma’arif 2 Piyungan. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan angket. Validasi instrument yang digunakan adalah validitas isi (content validity). Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Analisis dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian berupa: 1) modul menggambar proporsi tubuh wanita dewasa dengan spesifikasi berupa modul yang informative, menarik bagi siswa dan membantu dalam belajar secara mandiri yang dikembangkan melalui tahapan: a) analisa kebutuhan produk dengan menganalisa kompetensi dasar, silabus, dan analisa kebutuhan modul dengan observasi kelas, wawancara murid dan guru, b) mengembangkan produk awal berupa modul menggambar proporsi tubuh wanita dewasa, c) validasi ahli materi dan validasi ahli media dengan hasil masing-masing menyatakan “layak” dengan presentase 100%, d) uji coba kelompok kecil yang dilakukan oleh 5 siswa dengan hasil 3 siswa menyatakan “sangat setuju” dengan presentase 60% dan 2 siswa menyatakan “setuju” dengan presentase 40% dan hasil perhitungan mean 123,4 pada kategori “sangat setuju”, e) uji coba kelompok besar yang dilakukan oleh 12 siswa dengan hasil 9 siswa menyatakan “sangat setuju” dengan presentase 75% dan 3 siswa menyatakan “setuju” dengan presentase 25%, dan hasil perhitungan mean 128,6 pada kategori “sangat setuju”,sehingga menghasilkan produk akhir berupa modul menggambar proporsi yang layak digunakan sebagai media pembelajaran, 2) kelayakan media modul menggambar proporsi yang dinyatakan “layak” oleh ahli media dan ahli materi dengan presentase masing-masing 100%, serta kelayakan modul yang dinilai dari uji kelayakan oleh siswa sebanyak 12 orang denganhasil 9 siswa menyatakan sangat setuju (75%) dan 3 siswa yang menyatakan “setuju” (25%)sehingga dapat diinterpretasikan bahwa modul menggambar proporsi tubuh wanita dewasa ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran siswa kelas X di SMK Ma’arif 2 Piyungan. Kata kunci : Modul menggambar proporsi, pengembangan dan kelayakan modul

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Dec 2016 02:48
Last Modified: 30 Jan 2019 12:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45009

Actions (login required)

View Item View Item