ISOLASI DAN IDENTIFIKASI KAPANG ENDOFIT DARI POHON SENGON PROVENAN KEPULAUAN SOLOMON BERDASARKAN MORFOLOGI DAN MOLEKULER (ANALISIS rDNA ITS (INTERNAL TRANSCRIBED SPACER))

Harsono, Wahyu Nuryadi (2016) ISOLASI DAN IDENTIFIKASI KAPANG ENDOFIT DARI POHON SENGON PROVENAN KEPULAUAN SOLOMON BERDASARKAN MORFOLOGI DAN MOLEKULER (ANALISIS rDNA ITS (INTERNAL TRANSCRIBED SPACER)). S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
WAHYU NURYADI HARSONO.pdf

Download (248kB) | Preview

Abstract

Kapang endofit merupakan kapang yang ada dan hidup di dalam jaringan tanaman, namun tidak mengakibatkan pengaruh negatif terhadap inangnya. Kapang endofit diduga memiliki potensi sebagai agen hayati pengendali hama patogen pada tanaman. Sebagai salah satu langkah dalam usaha menggali potensi kapang endofit sebagai agen hayati, dilakukan penelitian untuk mengisolasi dan mengidentifikasi kapang endofit dari jaringan tanaman yang diketahui memiliki tingkat resistensi terhadap suatu penyakit. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif yang bertujuan untuk mengisolasi dan mengidentifikasi kapang endofit dari bagian daun, tangkai daun, ranting dan kulit batang pohon sengon provenan Kepulauan Solomon menggunakan analisis rDNA ITS, serta mempelajari karakter morfologi isolat yang berhasil diisolasi. Isolasi kapang endofit dilakukan dengan cara menanam bagian bagian daun, tangkai daun, ranting dan kulit batang pohon sengon provenan Kepulauan Solomon pada media MEA, dan identifikasi isolat dilakukan berdasarkan morfologi dan molekuler pada sekuen rDNA ITS (ITS1-5.8S-ITS2). Hasil penelitian mendapatkan 28 isolat murni kapang endofit, namun hanya 26 isolat yang menunjukkan hasil sequencing yang baik dan digunakan untuk proses analisis filogenetik. Selain data molekuler, masing-masing isolat juga didukung dengan data morfologi isolat. Berdasarkan hasil analisis filogenetik, 26 isolat teridentifikasi dalam 2 kelas, yaitu kelas Dothideomycetes (8 isolat) dan Sordariomycetes (18 isolat). Dari kelas Dothideomycetes, sebanyak 4 isolat teridentifikasi sebagai genus Lasiodiplodia, dan 4 isolat sebagai famili Didymellaceae. Kelas Sordariomycetes, sebanyak 11 isolat teridentifikasi sebagai genus Phompopsis (Anamorph Diaporthe), 5 isolat sebagai genus Colletotrichum (Anamorph Glomerella), 1 isolat sebagai genus Nemania, dan 1 isolat sebagai genus Xylaria. Kata Kunci : Kapang Endofit, Morfologi Kapang, Analisis rDNA ITS, Sengon Provenan Kepulauan Solomon.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 22 Dec 2016 01:46
Last Modified: 30 Jan 2019 12:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44995

Actions (login required)

View Item View Item