Pengembangan Media Pembelajaran Perakitan Komputer Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Multimedia di SMK Ma’arif NU Tonjong.

Rahayu, Slamet (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Perakitan Komputer Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Multimedia di SMK Ma’arif NU Tonjong. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-slamet-rahayu-14702251051.swf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) pengembangan media pembelajaran perakitan komputer berbasis Augmented Reality, (2) peningkatan motivasi belajar dari kelompok kontrol dan eksperimen pada mata pelajaran perakitan komputer, dan (3) peningkatan hasil belajar dari kelompok kontrol dan eksperimen pada mata pelajaran perakitan komputer. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) analisis kebutuhan, (2) analisis hardware, (3) analisis software, (4) storyboard program, (5) desain interface, (6) pembuatan program (produk awal), (7) evaluasi media (validasi ahli media, ahli materi, guru dan siswa sebagai pengguna), (8) uji coba pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dan (9) produk akhir. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Multimedia di SMK Ma’arif NU Tonjong. Sampel sejumlah 68 siswa ditentukan dengan proportional random sampling technique. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan angket motivasi. Uji validitas menggunakan validitas konstruk dan reliabilitas instrumen menggunakan metode Alpha Cronbach. Uji normalitas menggunakan rumus Chi-Square, uji homogen menggunakan uji Bartlet, dan uji kesamaan dua rata-rata menggunakan uji-t independent samples test. Uji hipotesis menggunakan uji t satu pihak. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Hasil uji t satu pihak data posttest angket motivasi kelas eksperimen dan kontrol yaitu sig 0,000 < α 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada motivasi belajar siswa kelompok kontrol. (2) Hasil uji t satu pihak data posttest angket hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol yaitu sig 0,000 < α 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa kelompok kontrol. (3) Ketuntasan hasil belajar pada pembelajaran perakitan komputer mengalami peningkatan di kelas kontrol sebesar 76% sedangkan di kelompok eksperimen 93% lebih tinggi dari kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran berbasis Augmented Reality, pembelajaran perakitan komputer, motivasi belajar, hasil belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Dec 2016 01:23
Last Modified: 09 May 2019 07:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44993

Actions (login required)

View Item View Item