PENERAPAN FUZZY LOGIC PADA METODE VOLUMETRIC UNTUK MENGHITUNG CADANGAN HIDROKARBON PADA PEMBORAN MINYAK SUMUR X SUATU LAPANGAN

Zen, Hidayah Nurul Hasanah and Abadi, Agus Maman (2016) PENERAPAN FUZZY LOGIC PADA METODE VOLUMETRIC UNTUK MENGHITUNG CADANGAN HIDROKARBON PADA PEMBORAN MINYAK SUMUR X SUATU LAPANGAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] Text
cover i-xvi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAPUS dan LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Cadangan hidrokarbon adalah akumulasi hidrokarbon yang telah dibuktikan keberadaannya dengan pemboran eksplorasi atau sebagai jumlah (volume) hidrokarbon di dalam reservoir yang telah ditemukan. Volume hidrokarbon yang semula terakumulasi di dalam reservoir disebut volume hidrokarbon awal di tempat atau Original Oil in Place (OOIP). Perhitungan cadangan hidrokarbon membentuk dasar pengembangan dan keputusan operasional yang sangat penting sehingga perlu adanya perkiraan yang akurat dan terkini. Penerapan fuzzy logic pada metode volumetric dapat digunakan untuk menghitung cadangan hidrokarbon pada pemboran minyak suatu lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan-tahapan penerapan fuzzy logic pada metode volumetric dalam menghitung cadangan hidrokarbon pada pemboran minyak Sumur X suatu lapangan yang divisualisasi dengan Graphical User Interface (GUI) dan mengetahui keakuratan perhitungannya. Penelitian ini menggunakan model fuzzy Sugeno orde nol dengan empat variabel input, yaitu volume bulk, saturasi hidrokarbon, porositas batuan, dan BOI serta satu variabel output, yaitu OOIP yang berupa konstanta. Tahapan-tahapan yang dilakukan diantaranya adalah fuzzifikasi, operasi fuzzy logic, implikasi dengan fungsi min, agregasi dengan fungsi max, dan defuzzifikasi dengan menghitung nilai rata-rata singleton sehingga output-nya berupa weighted average. Data yang digunakan sebanyak lima belas data cadangan hidrokarbon dari Sumur X suatu lapangan sebagai data latih. Terdapat lima belas aturan fuzzy berdasarkan data latih. Model fuzzy yang telah terbentuk divisualisasi dengan GUI. Keakuratan model fuzzy pada data latih sebesar 91,73% dengan MAPE sebesar 8,27%. Model fuzzy yang dibangun pada penelitian ini dapat dikatakan mampu memodelkan perhitungan cadangan hidrokarbon pada pemboran minyak Sumur X suatu lapangan dengan sangat baik karena nilai MAPE-nya kurang dari 10%. Kata kunci: fuzzy logic, metode volumetric, Graphical User Interface, cadangan hidrokarbon, Original Oil in Place, Sugeno orde nol.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 22 Dec 2016 01:33
Last Modified: 30 Jan 2019 12:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44992

Actions (login required)

View Item View Item