Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Semester 2 dengan Menggunakan Model Learning Cycle 7e Berorientasi pada Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Self Efficacy Siswa.

Kurnia, Sestri Nela (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Semester 2 dengan Menggunakan Model Learning Cycle 7e Berorientasi pada Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Self Efficacy Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sestri-nela-kurnia-14709251061.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan menggunakan model learning cycle 7e berorientasi pada prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan self efficacy siswa. Kualitas perangkat yang dikembangkan mencakup aspek kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Plomp yang mencakup tiga tahapan. Tahap pertama, penelitian awal mencakup analisis kebutuhan dan situasi. Tahap kedua, pengembangan yang mencakup desain produk dan pembuatan produk. Tahap ketiga, evaluasi yang meliputi proses validasi dan proses implementasi. Proses pengembangan melibatkan tiga validator, dan 32 siswa. Validator melakukan validasi dari perangkat pembelajaran meliputi RPP, LKS, dan tes hasil belajar (tes prestasi belajar, tes kemampuan berpikir kritis, dan angket self efficacy). Hasil dari penelitian ini adalah perangkat pembelajaran matematika dengan model learning cycle 7e yang dikembangkan menggunakan model Plomp yang layak (valid, praktis, dan efektif). Aspek kevalidan berdasarkan kesimpulan para ahli dan praktisi. Kesimpulan para ahli dan praktisi menyebutkan bahwa perangkat pembelajaran valid. Aspek kepraktisan berdasarkan hasil penilaian guru, siswa, dan observasi keterlaksanaan. Berdasarkan hasil yang diperoleh menyatakan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis dengan rerata skor penilaian siswa yaitu 54,5 (praktis), skor penilaian guru yaitu 53 (sangat praktis), dan keterlaksanaan pembelajaran mencapai 98,01% (sangat baik). Aspek keefektifan berdasarkan hasil tes prestasi belajar, tes kemampuan berpikir kritis, dan angket self efficacy. Berdasarkan hasil yang diperoleh menyatakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif dengan ketuntasan belajar dari prestasi belajar dan kemampuan berpikir kritis lebih besar dari 80% dan skor rerata self efficacy siswa minimal tinggi. Oleh karena itu, perangkat pembelajaran matematika kelas VIII semester 2 layak digunakan dan memenuhi kualitas (valid, efektif, dan praktis).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, learning cycle 7e, prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, self efficacy.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Dec 2016 01:12
Last Modified: 09 May 2019 07:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44991

Actions (login required)

View Item View Item