Keefektifan Pendekatan Brain Based Learning dengan Setting Think Pair Share Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Representasi Matematika dan Kecemasan Siswa SMA Kelas X pada Materi Statistika dan Peluang.

Susilowati, Rina (2016) Keefektifan Pendekatan Brain Based Learning dengan Setting Think Pair Share Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Representasi Matematika dan Kecemasan Siswa SMA Kelas X pada Materi Statistika dan Peluang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rina-susilowati-14709251055.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan keefektifan pendekatan brain-based learning dengan setting think pair share, 2) mengetahui adanya perbedaan antara pembelajaran dengan pendekatan brain based learning dengan setting think pair share dan pembelajaran dengan pendekatan saintifik, dan 3) mendeskripsikan mana yang lebih efektif antara pendekatan brain based learning dengan setting think pair share dan pendekatan saintifik ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan representasi matematika, dan kecemasan matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest non-equivalent group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Bantul dengan sampel penelitian adalah siswa kelas X MIA 3 dan X MIA 4 sebanyak 58 orang yang terbagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama diberi perlakuan berupa pendekatan brain-based learning dengan setting think pair share dan kelompok kedua diberi perlakuan berupa pendekatan saintifik. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah 1) tes prestasi belajar, 2) tes kemampuan representasi matematika, dan 3) angket kecemasan matematika. Pengujian validitas isi untuk instrumen tes dan non tes diperoleh dari penilaian para ahli dan validitas konstruk untuk instrumen non tes diperoleh dengan menggunakan analisis faktor yang menghasilkan butir angket dikelompokkan menjadi 12 faktor yang mampu mengukur 87,904%. Nilai koefisien reliabilitas diperoleh dengan metode cronbanch’s alpha yaitu sebesar 0,957. Pengujian keefektifan pendekatan brain-based learning dengan setting think pair share dan saintifik menggunakan uji one sample t-test. Pengujian untuk mengetahui perbedaan keefektifan menggunakan uji MANOVA. Pengujian untuk mengetahui pendekatan mana yang lebih efektif menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pendekatan brain-based learning dengan setting think pair share efektif ditinjau dari pretasi belajar, kemampuan representasi matematika, dan kecemasan matematika, 2) terdapat perbedaan keefektifan pembelajaran antara pendekatan brain-based learning dengan setting think pair share dan saintifik ditinjau dari pretasi belajar, kemampuan representasi matematika dan kecemasan matematika, dan 3) pendekatan brain-based learning dengan setting think pair share lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan saintifik ditinjau dari pretasi belajar dan kemampuan representasi matematika, namun tidak lebih efektif ditinjau dari kecemasan matematika.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan brain-based learning dengan setting think pair share, pendekatan saintifik, pretasi belajar, kemampuan representasi matematika, kecemasan matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Dec 2016 08:29
Last Modified: 09 May 2019 07:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44975

Actions (login required)

View Item View Item