Pengembangan Perangkat Pembelajaran Aljabar SMP dengan Menggunakan Metode Discovery Learning pada Self Efficacy dan Prestasi Belajar.

Megawati, Nunung (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Aljabar SMP dengan Menggunakan Metode Discovery Learning pada Self Efficacy dan Prestasi Belajar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nunung-megawati-14709251018.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran yang berkualitas baik dengan kriteria valid, praktis, dan efektif ditinjau dari prestasi matematika dan self efficacy siswa. Materi yang dikembangkan adalah materi Aljabar SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp dengan tahapan: (1) fase penelitian awal, meliputi analisis kebutuhan, analisis materi, serta studi pustaka; (2) fase pengembangan, meliputi penyusunan produk; (3) penilaian, meliputi validasi ahli, uji coba I, uji coba II, serta analisis kepraktisan dan keefektifan produk. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi RPP dan LKS, lembar penilaian guru, lembar respon siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, instrumen pretest dan posttest prestasi matematika, serta angket self efficacy siswa. Analisis data kevalidan dan kepraktisan dilakukan dengan mengkonversi data kuantitatif berupa skor hasil penilaian menjadi data kualitatif berupa nilai standar skala lima. Analisis keefektifan dilakukan dengan menentukan persentase ketuntasan siswa pada tes prestasi dan persentase self efficacy siswa. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan metode discovery learning yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan siswa (LKS) yang valid, praktis dan efektif ditinjau dari prestasi dan self efficacy. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan, baik RPP maupun LKS memiliki kriteria valid. Berdasarkan hasil uji coba lapangan, perangkat mencapai kriteria praktis untuk penilaian guru maupun penilaian respon siswa, serta persentase keterlaksanaan pembelajaran lebih dari 80%, sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis. Perangkat pembelajaran efektif ditinjau dari prestasi belajar matematika, ditunjukkan dari ketuntasan siswa pada posttest prestasi matematika telah lebih dari 80%. Perangkat pembelajaran efektif ditinjau dari self efficacy siswa yang ditunjukkan dari persentase siswa minimal tinggi telah lebih dari 75%. Sehingga perangkat pembelajaran efektif ditinjau dari prestasi belajar dan self efficacy.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, perangkat pembelajaran, discovery learning, prestasi belajar, self efficacy
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Dec 2016 08:01
Last Modified: 09 May 2019 07:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44974

Actions (login required)

View Item View Item