Luthfi Labib Kripsiawan 12206244024, Luthfi Labib Kripsiawan 12206244024 (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMP Muhammadiyah 2 Depok. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
laporan ppl 2016 muhadesta Luthfi Labib Kripsiawan.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
PPL UNY di SMP Muhammadiyah 2 Depok merupakan salah satu program kegiatan yang dilaksanakan oleh UPPL UNY untuk mahasiswa UNY dalam penerapan pendidikan akademik yang diwujudkan dalam kegiatan langsung mahasiswa di lembaga pendidikan. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang dapat meningkatkan kedewasaan dan profesionalitas mahasiswa untuk memperbaharui dan mewujudkan tatanan kehidupan bermasyarakat (dalam hal ini dunia pendidikan) yang lebih baik, Salah satunya adalah dengan pelaksanaan serangkaian program PPL UNY di SMP Muhammadiyah 2 Depok tahun 2016 ini. SMP Muhammadiyah 2 Depok berlokasi di Jl Swadaya IV,Karangasem, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pelaksanaan PPL di SMP Muhammadiyah 2 Depok dimulai pada tanggal 15 Juli 2016 hingga 15 September 2016 di kelas VIII A, IX B. Selama pelaksanaan PPL ini mahasiswa juga diharapkan dapat terlatih kemampuannya dalam hal administrasi yang ada di lembaga sekolah, kegiatan siswa, dan guru serta ikut dalam perbaikan-perbaikan yang dilaksanakan lembaga sekolah yang bersangkutan. Sebelum kegiatan PPL berlangsung mahasiswa melaksanakan kegiatan praPPL yaitu pembekalan yang dilakukan oleh jurusan masing-masing, Pembelajaran micro teaching guna mempersiapkan praktik mengajar, dan melakukan observasi sehingga dapat memperoleh gambaran tentang kegiatan pembelajaran di SMP Muhammadiyah 2 Depok. Setelah melalui kegiatan observasi, mahasiswa dapat merumuskan berbagai program kerja yang akan dilaksanakan. Program PPL yang direncanakan oleh mahasiswa antara lain; (1) Pembuatan RPP (2) Pembuatan Media Pembelajaran (3) Praktik mengajar; dan (4) Evalusi Pembelajaran. Serangkaian program kerja PPL SMP Muhammadiyah 2 Depok telah terlaksana dengan baik, walaupun terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaannya, seperti kurangnya pengetahuan dalam pembuatan Perangkat Pembelajaran yang dapat diatasi dengan berkonsultasi dengan Guru Pembimbing. Selain itu program mengajar di kelas memiliki tantangan juga dengan penyesuaian karakter peserta didik yang berbeda-beda, bagaimana cara menghidupkan suasana kelas agar peserta didik termotivasi untuk belajar. PPL di SMP Muhammadiyah 2 Depok juga membantu proses persiapan berbagai kegiatan yang telah direncanakan pihak sekolah. Adapun hasil yang diperoleh dari pelaksanaan PPL di SMP Muhammadiyah 2 Depok ini yaitu kami mampu memahami bahwa dalam sebuah pengajaran diperlukan strategi belajar pada tiap-tiap kelas, karena setiap kelas memiliki potensi masing-masing dan juga kreativitas guru sangatlah dibutuhkan untuk menunjang pembelajaran di dalam kelas dan juga untuk mengkondisikan kelas.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SMP Muhammadiyah 2 Depok, PPL 2016, VII, VIII, IX. praktik, pendidik, sekolah, kreativitas, guru. |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 21 Dec 2016 02:00 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:37 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44953 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |