PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MULTIMEDIA DASAR UNTUK MATERI ALIR PROSES PRODUKSI PRODUK MULTIMEDIA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN MULTIMEDIA DI SMK MUH 1 SLEMAN

Ariani, Nanik Woro (2016) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MULTIMEDIA DASAR UNTUK MATERI ALIR PROSES PRODUKSI PRODUK MULTIMEDIA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN MULTIMEDIA DI SMK MUH 1 SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Nanik Woro Ariani_12520241008.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan modul pembelajaran multimedia dasar untukmateri alir proses produksi produk multimedia kelas X program keahlian multimedia ; dan 2) mengetahui kelayakan modul pembelajaran multimedia dasar untukmateri alir proses produksi produk multimedia kelas X program keahlian multimedia berdasarkan validasi oleh ahli materi, ahli media, guru multimedia dasar serta tanggapan siswa kelas X Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (RnD) dan mengacu pada model pengembangan Sugiyono. Subyek penelitian adalah siswa kelas X program keahlian multimedia SMK MUH 1 Sleman. Teknik pengumpulan data berupa angket menggunakan lembar validasi untuk ahli media dan ahli materi, serta lembar penilaian untuk dan siswa. Analisis data menggunakan teknik kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pengembangan modul pembelajaran sebagai media pembelajaran multimedia dasar dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu: pembuatan ide desain modul, pembuatan konten header dan footer,pembuatan background dan cover menyusun semua bagian hingga menjadi modul pembelajaran; 2) berdasarkan ahli media, ahli materi dan guru multimedia dasar modul pembelajaran multimedia dasar untuk materi alir proses produksi produk multimedia dinyatakan sangat layak sebagai media pembelajaran, dinyatakan layak dikarenakan seluruh aspek penilaian memperoleh hasil baik dari ahli materi, ahli media, guru multimedia dasar maupun siswa, berkisar pada rerata 3,27-3.31. modul dinyatakan baik pada aspek ruang spasi kosong; 3) berdasarkan Respon atau tanggapan peserta didik terhadap modul yang telah dikembangkan baik uji coba lapangan skala besar dan uji coba skala kecil dapat dikatagorikan sama yaitu Sangat Setuju (SS). Skor ratarata dalam uji coba lapangan skala kecil 3,43 dan skor uji coba lapangan skala besar sebesar 3, 29.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Modul, Pembelajaran, Multimedia dasar
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 22 Dec 2016 01:36
Last Modified: 04 Mar 2019 07:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44941

Actions (login required)

View Item View Item