LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2016 LOKASI SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK

DICKY YULIAWAN NURDIANSYAH, DICKY YULIAWAN NURDIANSYAH (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2016 LOKASI SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PDF DICKY.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan mata kuliah praktik yang wajib ditempuh oleh mahasiswa kependidikan. Program kerja PPL merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan ilmu yang bersifat teoretis yang diterima di perkuliahan. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mentransferkan teori-teori tersebut dan sekaligus mencari ilmu yang bersifat faktual, namun tidak hanya teoritis seperti pada saat kegiatan perkuliahan. Program kerja PPL bertujuan untuk mendapatkan beberapa pengalaman mengenai proses pembelajaran dan kegiatan belajarserta mengajar dalam lingkungan sekolah yang digunakan sebagai bekal calon tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang digunakan sebagai calon tenaga pendidik besok. SMP Muhammadiyah 2 Depok berlokasi di Jalan Swadaya IV, Karangasem, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta merupakan salah satu sekolah Adiwiyata yang berdiri di bawah kepengurusan Muhammadiyah. Program PPL di SMP Muhammadiyah 2 Depok dilaksanakan pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan evaluasi hasil pelaksanaan pembelajaran. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 8 kali pertemuan, namun dilaksanakan dapat melakukan kegiatan pengajaran di kelas sebanyak 9 kali pertemuan untuk enam kelas yaitu kelas VII A, VII B, VII C, VIII A, VIII B, dan VIII C. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas antara lain, diskusi, tanya jawab, ceramah, resitasi, inukiri, discovery learning, dan presentasi. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain alat pratikum; lcd proyektor serta LKS atau buku paket. Banyak kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, baik yang bersifat intern maupun ekstern, salah satunya adalah masalah pengelolaan kelas. Namun, hal ini dapat diatasi dengan adanya pembiasaan dan bimbingan. Pada kegiatan PPL ini, praktikan mencari bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras, dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan berhasil. Terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta calon pendidik yang intelektual dan bermartabat, sehingga dapat memajukan pendidikan di negara, nusa, dan bangsa Indonesia. Program PPL selain sebagai sarana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi mahasiswa, juga menjadi usaha Universitas Negeri Yogyakarta berguna turut berkontribusi dalam membawakan nilai-nilai kependidikan kepada sekolah tersebut dan menbudayakan tujuan utama pendidikan dan pembelajaran yaitu mendewasakan seseorang melalui upaya peningkatan sadar akan pendidikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), pembelajaran, pendidikan, pelatihan.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Dec 2016 01:01
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44940

Actions (login required)

View Item View Item