LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Dwi Astuti Maryaningsih, Dwi Astuti Maryaningsih (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan istilah kependidikan yang bersifat intrakulikuler dan dilaksanakan oleh mahasiswa yang menyangkut tugas kependidikan, baik berupa persiapan administrasi mengajar, praktik mengajar dan evaluasi pembelajaran. Tujuan utama dari kegiatan PPL adalah dapat mengenali situasi dan kondisi sekolah menengah kejuruan, memperoleh pengalaman dalam mengajar di sekolah menengah kejuruan, mempelajari dan menyusun administrasi guru selama satu tahun secara baik dan benar, terampil menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), terampil melakukan proses kegiatan pembelajaran sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan menguasai sepuluh ketrampilan dasar dalam proses belajar mengajar. Sebelum melakukan PPL terlebih dahulu dilaksanakan observasi sekolah pada bulan 28 Juni 2014 - 7 Juli 2014. Observasi ini dilakukan guna mengetahui kondisi dan situasi kelas pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, mengetahui karakter siswa dan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Kegiatan PPL dilaksanakan dari tanggal 1 Juli dan berakhir tanggal 17 September 2014 yang bertempat di SMK Negeri 6 Yogyakarta. Alamat sekolah terletak di Jalan Keari no.4 Yogyakarta. Kegiatan yang dilakukan selama PPL antara lain: persiapan administrasi mengajar, menyusun dan mengembangkan media pembelajaran dan evaluasi. Adapun administrasi mengajar yang dibuat diantaranya RPP. Mata Pelajaran yang diampu oleh praktikan, adalah Dasar Pola (DsP) pada jurusan Tata Busana untuk kelas sepuluh (X). Setiap satu kali tatap muka alokasi waktunya 1 jam pelajaran x 45 menit untuk kelas X. Mata pelajaran Dasar Pola (DsP) yang dijadwalkan pada hari Selasa dan Jumat. Adanya program PPL ini maka mahasiswa telah mendapatkan berbagai pengalaman yang bersifat administrasi dan yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar di kelas. Dalam melaksanaka praktik mengajar dapatdikatakan bahwa prakti mengajar berjalan dengan lancar, mahasiswa dapat menambah pengalaman tentang persiapan dalam mengajar, mengelola kelas, penggunaan media, dan penggunaan metode yang sesuai. Program yang telah terlaksana tersebut, merupakan indikasi keberhasilan semua pihak yang terkait

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Dec 2016 23:33
Last Modified: 01 Oct 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44922

Actions (login required)

View Item View Item