Noor Rochim, Noor Rochim (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK MUHAMMADIYAH PAKEM. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Lampiran 1. Matriks PPL.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 4. RPP.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 3. Silabus.pdf Download (678kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 2. Lembar Observasi.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 6. Dokumentasi.pdf Download (867kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 5. Hasil Penilaian.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
Laporan PPL Noor Rochim.pdf Download (365kB) | Preview |
Abstract
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu wadah untuk menerapkan/mengaplikasikan ilmu yang selama ini telah dipelajari dalam bidang keahlian maupun ilmu keguruan yang berkaitan denganpeserta didik dalam proses belajar mengajar. Program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini juga bertujuan untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (calon guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang profesional maka pelaksanaan PPL ini akan sangat membantu mahasiswa dalam memasuki realita dunia kependidikan dan sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diperolehnya selama mengikuti perkuliahan. Praktek mengajar berperan dalam memberi bekal bagi penulis dalam dunia pendidikan pada umumnya dan sebagai guru pada khususnya. Praktek pengalaman lapangan atau praktek mengajar ini mulai dilaksanakan pada tanggal 15 Juli s.d. 15 September 2016 yang berlokasi di SMK Muhammadiyah Pakem, yang beralamat di Jln. Pakem Turi km 0,5 Pakem, Sleman Yogyakarta Dalam praktek mengajar mahasiswa terlebih dahulu melaksanakan peersiapan pembelajaran, yaitu membuat perencanaan pembelajaran dimulai dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran sampai dengan evaluasi yang dilaksanakan. Kemudian melakukan koordinasi dan konsultasi kepada guru pembimbing di sekolah. Dalam bimbingan PPL, mahasiswa (penulis) mendapatkan kesempatan melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas XI TKR B dan XI TKR D. Kurikulum yang digunakan untuk siswa kelas Xi masih menggunakan Kurikulum KTSP , maka untuk itu Penulis membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mengikuti kurikulum KTSP. Penggunaan metode pembelajaran yang diterapkan adalah metode diskusi,demonstrasi,praktek,latihan. Sedangkan media yang digunakan adalah papan tulis dan peralatannya, lembar kerja/jobsheet. Kegiatan praktek mengajar dilakukan di ruang kelas masing-masig dan di lapangan. Dari waktu yang diberikan praktekan dapat mengajar sebanyak 5 kali pertemuan per kelas. Materi yang diajarkan untuk kelas XI TKR semester 1 adalah PCPT. Pada pelaksanaan PPL penulis juga mendapat kesempatan untuk belajar membuat perangkat pembelajaran yag diperlukan dalam mengajar.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 20 Dec 2016 06:55 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:38 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44914 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |