LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK MUHAMMADIYAH PAKEM

Muchtar khabib, Muchtar khabib (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK MUHAMMADIYAH PAKEM. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Laporan Muchar Khabib.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
scan catatan harian.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
scan jadwal pelajaran.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
scan presensi.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Progrma Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu cara mengenalkan mahasiswa dengan dunia pekerjaan yang sebenarnya. Program PPL memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi mahasiswa sebagai calon guru atau pendidik atau tenaga kependidikan. Mata kuliah PPL mempunyai sasaran utama yaitu masyarakat sekolah, baik dalam kegiatan yang terkait dengan pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Kegiatan PPL diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang sangat mengesankan bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman pembelajaran. Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan di SMK MUHAMMADIYAH Pakem beralamat di Jalan Pakem-Turi Km 0,5 Pakem Binangun, Pakem, Sleman, DIY yang berlangsung daritanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Kegiatan yang dilakukan praktikan pada PPL kali ini yaitu mengajar Mata Pelajaran Olahraga kelas XI dan XII Rancangan kegiatan PPL terdiri dari persiapan PPL, pelaksanaan PPL, dan penyusunan laporan. Persiapan Praktik Mengajar meliputi: observasi pembelajaran di kelas yaitu persiapan perangkat pembelajaran, perilaku siswa, sarana dan prasarana yang dilaksanakan pada April 2016, pembuatan persiapan mengajar yaitu persiapan diri dan pembuatan perangkat pembelajaran seperti: RPP dan Media Pembelajaran. Pelaksanaan Praktik Mengajar meliputi: observasi lapangan dan observasi proses belajar mengajar, penerjunan dilakukan pada tanggal 2016, kegiatan pembelajaran yang dilakukan tanggal 15 Juli – 15 September 2016 yaitu di kelas XI dan XII . Maka dari itu kegiatan PPL dapat dijadikan sebagai wahana untuk pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional, yaitu untuk menjadi pendidik yang berbudi luhur dengan mengamalkan Pancasila yang mana pada kegiatan PPL ini praktikan dapat menerapkan pengalamannya dalam mengajar, bukan hanya dalam bangku perkuliahan tetapi juga ilmu akademis yang lain yang erat kaitannya dengan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan, PPL, SMK MUHAMMADIYAH Pakem
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Dec 2016 05:52
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44909

Actions (login required)

View Item View Item