LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK MUHAMMADIYAH PAKEM

Arya Septiadi Bayu Agung, Arya Septiadi Bayu Agung (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK MUHAMMADIYAH PAKEM. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
IMG_20160930_0002.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
IMG_20160930_0003.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IMG_20160930_0004.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IMG_20160930_0005.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IMG_20160930_0006.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IMG_20160930_0007.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IMG_20160930_0008.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IMG_20160930_0009.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IMG_20160930_0010.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IMG_20160930_0011.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1, BAB 2, BAB 3.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran arya.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (766kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu pra jabatan guru yang di rancang untuk melatih para calon guru agar menguasai kemampuan keguruan yang utuh dan terintegrasi. PPL juga merupakan suatu program yang memasyarakatkan kemampuan aplikatif dan terpadu dari seluruh pengalaman belajar sebelumnya ke dalam program latihan, berupa kinerja, dalam semua hal yang berkaitan dengan jabatan guru, baik kegiatan mengajar maupun tugas-tugas keguruan lainnya yang di wujudkan dalam bentuk pelatihan terbatas, pelatihan terbimbing dan pelatihan mandiri yang di arahkan kepada terbentuknya kemampuan keguruan yang terjadwal secara sistematis. Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Pakem yang beralamatkan di jl pakem- turi adalah lokasi yang digunakan untuk pelaksanaan kegiatan PPL mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017 selama 2 bulan. Kegiatan PPL dilaksanakan pada tanggal 15 September 2016 – 15 September 2016. Dalam kegiatan PPL, mahasiswa melakukan program mengajar minimal 6 kali pertemuan, dengan rincian 4 kali mengajar mandiri dan 4 kali mengajar terbimbing dengan jam pelaksanaan minimal 265 jam. Metode yang digunakan dalam mengajar beragam, seperti metode diskusi, tanya jawab, ceramah, cooperative learning dan Teams Games Tournament (TGT). Penulis mengampu mata pelajaran Gambar Teknik dan Mekanika Teknik Kelas X jurusan Teknik Bagunan. Jadwal mengajar penulis dalam 1 minggu 2 kali yaitu pada hari rabu dan kamis. Selain mengajar, mahasiswa juga melaksanakan program non-mengajar yang ada di SMK seperti; konsultasi dengan guru pembimbing, apel atau upacara, dll. Secara keseluruhan program kerja PPL terlaksana dengan baik, meskipun masih terdapat beberapa kendala seperti pengelolaan kelas yang terkadang sulit untuk dikondisikan dan terbatasnya fasilitas pembelajaran seperti LCD. Namun, semua itu merupakan sebuah proses untuk menuju lebih baik. Selama kegiatan PPL berlangsung, penulis sudah menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang terdiri dari RPP Mata Pelajaran Gambar Teknik dan RPP Mekanika Teknik. Penulis juga sudah menyelesaikan PPL dengan waktu 265 jam. Dari kegiatan PPL ini, penulis mendapat pengalaman kerja nyata di sekolah sebagai pendidik. Selain itu juga kegiatan PPL bermanfaat untuk meningkatkan hubungan kerjasama antara pencetak tenaga kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta dengan pengguna tenaga kependidikan SMK Muhammadiyah Pakem.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Dec 2016 02:53
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44899

Actions (login required)

View Item View Item