PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PADA KOMPETENSI DASAR MENYUSUN MENU SEIMBANG WANITA HAMIL DAN MENYUSUI MATA PELAJARAN ILMU GIZI KELAS X TATA BOGA DI SMK N 3 WONOSARI

Maria Ignasia, Prilahertu (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PADA KOMPETENSI DASAR MENYUSUN MENU SEIMBANG WANITA HAMIL DAN MENYUSUI MATA PELAJARAN ILMU GIZI KELAS X TATA BOGA DI SMK N 3 WONOSARI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_MARIA IGNASIA PRILAHERTI_12511244016.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan Adobe Flash pada materi menyusun menu seimbang wanita hamil dan menyusui mata pelajaran Ilmu Gizi siswa kelas X SMK Tata Boga di SMK N 3 Wonosari. 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif menggunakan Adobe Flash berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media dan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian R&Ddengan model 4D. model ini terdiri dari 4 tahap yaitu: a.Define (kompetensi dasar, analisis materi dan karakteristik siswa),b.Design (flowchat, storyboard dan penyusunan produk), c.Development (Validasi oleh ahli materi dan ahli media) dan d.Disseminate (uji coba produk/ penilaian kelayakan media pada siswa). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2015-Oktober 2016 di Jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana, Fakultas Teknik UNY. Subjek penelitian ini adalah ahli materi, ahli media dan siswa kelas X Tata Boga, obyek penelitian beupa media pembelajaran menggunakan software Adobe Flash. Validasi instrumen yang meliputi instrumen ahli materi, intrumen media dan instrumen siswa dilakukan oleh oleh expert judgement. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik stasistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah 1) media pembelajaran interaktif menyusun menu seimbang dan menyusui dikembangkan dengan software Adobe Flash. Produk media pembelajaran ini dikemas dalam keping CD dan dijadikan video untuk diupload ke Youtube dengan alamat https://youtu.be/FTXN8bQ6qiE. 2) Kelayakan media pembelajaran menurut penilaian ahli materi adalah 3,5 dengan kategori sangat layak, penilaian ahli media adalah 3,8 dengankategori sangat layak dan penilaian oleh siswa adalah3,5 dengan kategori sangat layak, dengan persentase sangat layak sebesar 87,5% dan kategori layak sebesar 12,5%. Kata kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Ilmu Gizi, Adobe Flash

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 20 Dec 2016 08:15
Last Modified: 30 Jan 2019 12:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44889

Actions (login required)

View Item View Item