LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 DEPOK

Faranadya Putri, Faranadya Putri (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 DEPOK. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Faranadya Putri_13802241062_P.ADP.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PPL adalah suatu bentuk pendidikan yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal, dan menghayati permasalahan lembaga pendidikan, baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan manajerial kelembagaan. Tujuan dari pelaksanaan PPL adalah sebagai wahana dan sarana bagi mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh dibangku kuliah guna mengukur seberapa besar kemampuannya dalam memenuhi peran sebagai anggota masyarakat. Pada kelompok PPL di sekolah, mahasiswa diharapkan dapat memberikan bantuan pemikiran, tenaga, dan ilmu pengetahuan dalam merencanakan dan melaksanakan program pengembangan atau pembangunan sekolah. Dalam hal ini akan tampak peranan mahasiswa sebagai inovator, mediator, problem solver, dan motivator dalam rangka merangsang peningkatan kualitas sekolah, baik secara fisik maupun nonfisik. Pelaksanaan PPL di SMK Negeri 1 Depok dilakukan mulai tanggal 18 Juli sampai dengan 15 September 2016. Setelah melakukan observasi dan mengamati kondisi yang ada, mahasiswa praktikan merencanakan beberapa program yang dilaksanakan selama masa PPL. Program tersebut meliputi penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), persiapan dan pembuatan media, dan praktik mengajar dan pembuatan administrasi guru, serta melakukan pendampingan kegiatan OSIS. Dalam praktik mengajar, mahasiswa melakukan 2 kali praktik mengajar terbimbing dalam 1 minggu. Sedangkan dalam kegiatan OSIS, mahasiswa melakukan 2 kali pendampingan. Pada dasarnya, seluruh kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik. Meskipun ada sedikit hambatan dalam pelaksanaannya, tetapi hambatan tersebut dapat diatasi berkat bantuan dan kerjasama yang baik dari seluruh rekan mahasiswa serta pihak sekolah. Dari pelaksanaan PPL tersebut mahasiswa dapat memperoleh pengalaman dalam hal manajerial di sekolah dan permasalahan yang dihadapi yang bermanfaat sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK Negeri 1 Depok, OSIS
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Dec 2016 01:11
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44888

Actions (login required)

View Item View Item