FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS XI PADAMATA PELAJARAN TEKNIK SEPEDA MOTOR DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO

M. Cholikin, Nur. MF (2016) FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS XI PADAMATA PELAJARAN TEKNIK SEPEDA MOTOR DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_M. Cholikin Nur MF_15504247014.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor kesulitan belajar yang dialami siswa pada mata pelajaran teknik sepeda motor di SMK 1 Muhammadiyah 1 Bambanglipuro. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Teknik Sepeda Motor SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro yaitu 150 siswa dengan menggunakan tabel Nomogram Herry King menghasilkan sampel 120. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan menggunakan 4 alternatif jawaban, , validitas kosntruks intrumen dengan menggunakan pertimbangan para ahli (judgement expert). Uji vaiditas internal menggunakan rumus korelasi product moment, uji coba instrumen sebanyak 30 siswa digunakan sebagai responden, untuk angket data dianalisis secara deskriptif dengan penyajian presentase. Reliabilitas instrumen dihitung menggunakan SPSS dengan rumus alfa cronbach untuk instrumen angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor kesulitan belajar siswa kelas XI dalam mengikuti mata pelajaran teknik sepeda motor di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro adalah faktor internal dan faktor eksternal. Dari kedua faktor tersebut yang paling mendominasi adalah faktor eksternal dengan prosentase 65,2%. Kesulitan belajar pada faktor internal yang paling mendominasi adalah faktor psikologis dengan persentase 66,2% sedangkan kesulitan belajar pada faktor eksternal yang paling mendominasi adalah faktor sekolah dengan persentase 50,3%. Kata kunci : faktor-faktor kesulitan belajar, faktor internal dan faktor eksternal, teknik sepeda motor.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 20 Dec 2016 07:39
Last Modified: 30 Jan 2019 12:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44887

Actions (login required)

View Item View Item