LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAGANG III DI SLB NEGERI 1 SLEMAN YOGYAKARTA Alamat: Jl. KALIURANG KM. 17,5 PAKEM, SLEMAN YOGYAKARTA

INDRA SETYANINGSIH, INDRA SETYANINGSIH (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAGANG III DI SLB NEGERI 1 SLEMAN YOGYAKARTA Alamat: Jl. KALIURANG KM. 17,5 PAKEM, SLEMAN YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PPL_INDRA SETYANINGIH_1310241065.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan atau PPL merupakan kegiatan yang bertujuan mengembangkan potensi mengajar mahasiswa sebagai calon pendidik atau sebagai calon tenaga kependidikan yang profesional serta siap untuk memasuki dunia kependidikan. Pelaksanaan PPL dilakukan mulai tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016 dari hari Senin-Jumat di SLB Negeri 1 Sleman. Praktik mengajar di SLB Negeri 1 Sleman sebanyak 8 kali mengajar yang dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah disepakati antara mahasiswa dan guru pembimbing. Sebelum pelaksanaan PPL dimulai, mahasiswa terlebih dahulu melakukan observasi untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penyusunan program kerja. Data tersebut meliputi kondisi sarana prasarana, kegiatan pembelajaran, serta potensi yang ada di SLB Negeri 1 Sleman. Pelaksanaan observasi yakni pada PPL I selama 1 semester, dengan alokasi waktu 1 kali dalam satu minggu. Berdasarkan data yang diperoleh selama observasi, mahasiswa merencanakan beberapa program yang akan dilaksanakan selama PPL. Program yang bersifat kulikuler meliputi praktik mengajar yang dilaksanakan sebanyak 8 kali dengan rincian 4 kali terbimbing dan 4 kali mandiri, pendampingan mengajar agama dan budi pekerti, dan pendampingan siswa di kelas. Program ekstrakulikuler meliputi pendampingan kerajinan dan pendampingan batik. Program non-kulikuler meliputi pembuatan struktur organisasi guru dan melengkapi administrasi kelas. Program insidental meliputi peringatan hari keistimewaan Yogyakarta, uji coba instrumen penelitian dosen tentang perkembangan motorik halus dan motorik kasar. Kegiatan sekolah yang meliputi upacara bendera hari senin, Lomba HUT RI ke-71, senam ceria, MKS, olahraga bersama, dan Syawalan. Secara keseluruhan, kegiatan PPL selama 2 bulan yaitu pelaksanaan PPL berjalan dengan baik dan lancar degan adanya kerjasama oleh pihak sekolah dan universitas, khususnya dosen pembimbing lapangan, kepala sekolah, koordinator PPL, guru pembimbing lapangan, mahasiswa, dan peserta didik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, SLB Negeri 1 Sleman
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Dec 2016 00:42
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44882

Actions (login required)

View Item View Item