PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL JENIS VIDEO PADA KOMPETENSI MENGGUNAKAN ALAT-ALAT UKUR MEKANIK UNTUK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK SEPEDA MOTOR SMK IBU.S.SOEMOHARMANTO JATIPURNO WONOGIRI

Joko, Nugroho (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL JENIS VIDEO PADA KOMPETENSI MENGGUNAKAN ALAT-ALAT UKUR MEKANIK UNTUK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK SEPEDA MOTOR SMK IBU.S.SOEMOHARMANTO JATIPURNO WONOGIRI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Joko Nugroho_12504244005_TAS_PDF.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran dan menguji tingkat kelayakan media pembelajaran audio visual jenis video pada Kompetensi Menggunakan Alat-alat Ukur Mekanik Teknik Sepeda Motor Kelas X SMK Ibu.S.Soemoharmanto Jatipurno Wonogiri sebagai media pembelajaran. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model penelitian dan pengembangan 4D. Model penelitian dan pengembangan ini terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan) dan dissemination (penyebarluasan). Pada tahap pendefinisian dilakukan analisis kebutuhan, selanjutnya dilakukan proses perancangan yang meliputi pembuatan flowchart, storyboard, skrip, selanjutnya dilakukan tahap pengembangan yang meliputi menyiapkan komponen pendukung, memproduksi video dan audio, memprogram materi, validasi ahli dan revisi, uji coba lapangan skala kecil dan skala besar. Data kelayakan produk diperoleh dari tanggapan, saran, dan kritik dari ahli materi, ahli media, dan siswa. Data kelayakan produk berupa data kuantitatif dikonversikan menjadi data kualitatif. Kemudian tahap yang terakhir yaitu penyebarluasan. Pada tahap ini media pembelajaran dikemas ke dalam Compact Disk (CD) yang kemudian disebarkan secara terbatas di SMK Ibu.S.Soemoharmanto Jatipurno Wonogiri. Hasil penelitian ini adalah proses pengembangan media dilakukan dengan 4 tahap yaitu tahap define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan) dan dissemination (penyebarluasan). Sedangkan Hasil kelayakan media pembelajaran audio visual jenis video pada Kompetensi Menggunakan Alat-alat Ukur Mekanik sebagai berikut: (1) validasi ahli materi mendapatkan rerata skor keseluruhan 3,48 dengan kategori sangat layak. (2) validasi ahli media mendapatkan rerata skor keseluruhan 3,13 dengan kategori layak. (3) uji coba lapangan skala kecil mendapatkan rerata skor keseluruhan 3,40 dengan kategori sangat layak. (4) uji coba lapangan skala besar mendapatkan rerata skor keseluruhan 3,42 dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut media pembelajaran audio visual jenis video pada kompetensi Menggunakan Alat-alat Ukur Mekanik layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media, Media Video, Alat Ukur Mekanik
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 20 Dec 2016 00:53
Last Modified: 30 Jan 2019 12:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44881

Actions (login required)

View Item View Item