LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAGANG III DI SLB NEGERI 1 SLEMAN YOGYAKARTA Alamat: Jl. KALIURANG KM. 17,5 PAKEM, SLEMAN YOGYAKARTA

HERTA SURYA MAHARTA, HERTA SURYA MAHARTA (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAGANG III DI SLB NEGERI 1 SLEMAN YOGYAKARTA Alamat: Jl. KALIURANG KM. 17,5 PAKEM, SLEMAN YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PPL_HERTA SURYA MAHARTA_1310241027.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan merupakan suatu progam yang dirancang untuk melatih mahasiswa calon guru dalam menguasai kemampuan keguruan secara utuh dan terintegrasi sehingga setelah menyelesaikan pendidikan mereka mempunyai keterampilan sebagai tenaga profesional kependidikan dan siap untuk secara mandiri mengembangkan tugas sebagai guru. Kegiatan PPL dalam jurusan pendidikan luar biasa dibagi menjadi dua yaitu PPL 1 dan PPL 2. Kegiatan PPL II merupakan hasil dari implementasi kegiatan PPL 1 yang sebelumnya yang meliputi kegiatan observasi dan asesmen kebutuhan dan potensi yang dimiliki siswa kemudian disusun sebuah Rencana Progam Pembelajaran (RPP). RPP yang telah dibuat oleh mahasiswa diaplikasikan dalam praktik mengajar pada PPL 2. Kegiatan PPL 2 dilaksanakan di SLB Negeri 1 Sleman pada tanggal 15 Juli 2016 sampai tanggal 15 September 2016 dari hari Senin-Jumaat. Dalam PPL 2 ini dilakukan praktik mengajar kepada siswa sesuai dengan jadwal yang telah disepakati mahasiswa dan guru pembimbing. Progam PPL dibedakan atas praktik mengajar terbimbing dan praktik mengajar mandiri. Praktik mengajar terbimbing sebanyak 4 kali pertemuan dan praktik mengajar mandiri sebanyak 4 kali. Melalui kegiatan PPL ini mahasiswa mempunyai kesempatan untuk belajar menerapkan dan mempraktikkan ilmu yang telah dipelajari di bangku perkuliahan serta mendapat pengalaman baru memberikan materi langsung kepada anak berkebutuhan khusus yang mungkin tidak akan di dapat ketika mempelajari teori di universitas. Program ekstrakulikuler meliputi pendampingan kerajinan dan pendampingan batik. Program non-kulikuler meliputi pembuatan struktur organisasi guru dan melengkapi administrasi kelas. Program insidental meliputi peringatan hari keistimewaan Yogyakarta, uji coba instrumen penelitian dosen tentang perkembangan motorik halus dan motorik kasar. Kegiatan sekolah yang meliputi upacara bendera hari senin, Lomba HUT RI ke-71, senam ceria, MKS, olahraga bersama, dan Syawalan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, SLB Negeri 1 Sleman
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Dec 2016 00:40
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44880

Actions (login required)

View Item View Item