UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI MALANGAN

Hendrawan, Wahyu (2016) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI MALANGAN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Wahyu Hendrawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran Quantum Teaching di kelas IV SD Negeri Malangan, Sumberagung, Moyudan, Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis & Mc. Taggart yang meliputi langkah perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Malangan tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa sebanyak 24 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan soal tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I, capaian aktivitas belajar siswa pada kategori sangat tinggi mencapai 58,34%. Setelah dilakukan perbaikan tindakan di siklus II berupa penambahan lirik lagu, penggunaan pemutar musik dan pengeras suara, serta pemberian reward dan punishment dapat meningkatkan capaian aktivitas belajar siswa pada kategori sangat tinggi menjadi 79,16%. Tindakan siklus I juga meningkatkan rata-rata hasil belajar siswa, dari nilai rata-rata hasil belajar siswa pra tindakan sebesar 69,54 meningkat menjadi 71,58. Peningkatan tersebut disertai dengan meningkatnya capaian siswa yang tuntas dari 37,5% menjadi 58,33%. Dari perbaikan tindakan di siklus II berupa pengulangan materi dalam bentuk tanya jawab secara lebih merata serta diberikannya lebih banyak kesempatan kepada siswa untuk bertanya apabila ada yang belum paham, menjadikan rata-rata hasil belajar siswa kembali meningkat menjadi 75,92. Peningkatan tersebut disertai dengan meningkatnya capaian siswa yang tuntas menjadi 75%. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, quantum teaching.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Dec 2016 06:08
Last Modified: 30 Jan 2019 12:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44844

Actions (login required)

View Item View Item