TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SMA N 1 Jetis Bantul

Bahtiar Wiwit Dwiyanto (2016) TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SMA N 1 Jetis Bantul. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SMA N 1 JET.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini disusun berdasarkan penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Jetis Bantul. Latar belakang dari penelitian ini adalah karena peneliti melihat banyaknya siswa yang kurang serius dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, kurang termotivasi untuk mengikuti ekstrakurikuler, kurang kerjasama antar anggota tim serta kurangnya rasa tanggung jawab ketika mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga di SMA Negeri 1 Jetis Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan angket kecerdasan emosional. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 105 peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga antara lain bolabasket, bola voli, dan futsal. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah dengan mengambil data dari seluruh populasi peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga sejumlah 105 peserta didik.Uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach dan memperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,839.Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase tingkat kecerdasan emosional peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga di SMA N 1 Jetis Bantul. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa tingkat kecerdasan emosional peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga di SMA N 1 Jetis Bantul berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 3 peserta didik atau 2,3% , 24 peserta didik atau 23,3% memiliki kecerdasan emosional tinggi, 52 peserta didik atau 49,5% memiliki kecerdasan emosional sedang, 20 peserta didik atau 19,1% memiliki kecerdasan emosional rendah, sedangkan 6 peserta didik atau 5,8% kecerdasan emosional sangat rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: SMA N 1 Jetis Bantul, kecerdasan emosional, ekstrakurikuler
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 19 Dec 2016 07:39
Last Modified: 30 Jan 2019 12:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44841

Actions (login required)

View Item View Item