PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING DI KELAS IVB SD NEGERI KOTAGEDE I YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

Kojong, Trifena Keke (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING DI KELAS IVB SD NEGERI KOTAGEDE I YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Trifena Keke Kojong.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan penerapan model problem solving. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), PTK ini dilakuan dua siklus. Siklus I terdiri atas 2 pertemuan, dan siklus II terdiri atas dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB SD Negeri Kotagede I yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data penelitian meliputi: observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model problem solving dalam pembelajaran PKn telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVB SD Negeri Kotagede I Yogyakarta. Peningkatan hasil belajar siswa tersebut dicapai melalui dua siklus. Hasil tersebut ditunjukkan dari adanya peningkatan hasil belajar PKn siswa dari setiap siklus. Berdasarkan hasil tes dalam pelaksanaan pembelajaran dengan model problem solving diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 74,19 yang kemudian meningkat pada siklus II menjadi 84,12 seluruh siswa sudah mencapai nilai KKM 75. Penerapan model problem solving untuk meningkatkan hasil belajar PKn kelas IVB SD Negeri Kotagede I Yogyakarta pada siklus I dilaksanakan seperti langkah-langkah problem solving, yang dimulai pembentukkan kelompok kecil yang sudah dibagi oleh guru, kemudian mengidentifikasi permasalahan yang berkaitan dengan materi pembelajaran, selanjutnya representasi permasalahan/ penyajian permasalahan, perencanakan pemecahan untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan materi pembelajaran, kemudian menerapkan/ mengimplementasikan perencanaan, selanjutnya menilai perencanaan, dan langkah terakhir pada model pembelajaran problem solving yaitu menilai hasil pemecahan dan penyampaian hasil yang sudah diselesaikan pada masing-masing kelompok. Pembelajaran agar efektif perlu memperhatikan hal berikut: saat berdiskusi kelompok, setiap anggota kelompok diberikan soal yang harus dikerjakan, guru membimbing siswa perindividu dan kelompok dalam proses kegiatan diskusi maupun pembelajaran dalam kelas. Kata kunci: Hasil belajar, pendidikan kewarganegaraan, model problem solving.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Dec 2016 04:21
Last Modified: 30 Jan 2019 12:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44837

Actions (login required)

View Item View Item