Kebermaknaan Pengembangan Diri dalam Peningkatan Kompetensi Guru Produktif Sekolah Menengah Kejuruan.

Saputri, Dwi Sisilia (2016) Kebermaknaan Pengembangan Diri dalam Peningkatan Kompetensi Guru Produktif Sekolah Menengah Kejuruan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dwi-sisilia-saputri-w-a-14702251083.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengungkap makna pengembangan diri dalam peningkatan kompetensi guru produktif di SMK negeri ditinjau dari aspek kematangan psikologis dan socio cultural, (2) mengungkap makna pengembangan diri dalam peningkatan kompetensi guru produktif di SMK swasta ditinjau dari aspek kematangan psikologis dan socio cultural, (3) mendeskripsikan profil peningkatan kompetensi guru produktif di SMK negeri setelah mengikuti pengembangan diri dan (4) mendeskripsikan profil peningkatan kompetensi guru produktif di SMK swasta setelah mengikuti pengembangan diri. Penelitian ini dilaksanakan di dua SMK negeri dan satu SMK swasta yang terdiri atas SMKN 1 Sedayu, SMKN 1 Seyegan, dan SMK Muhammadiyah Pakem dengan menggunakan pendekatan kualitatif grounded theory. Pembangkitan data menggunakan teknik interview, observasi non partisipatif, dan dokumentasi. Subyek penelitian, yaitu semua guru produktif paket keahlian TGB pada SMKN 1 Sedayu, SMKN 1 Seyegan, dan SMK Muhammadiyah Pakem berjumlah 15 informan yang dipilih secara purposif. Peralatan yang digunakan dalam pengumpulan data: audio recording, kamera, buku catatan lapangan, dan laptop. Keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, triangulasi teknik, serta bukti temuan berupa rekaman interview, foto dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tipe rancangan sistematis dengan tahapan open coding, axial coding dan selective coding. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) kebermaknaan pengembangan diri bagi guru produktif SMK negeri yang ditinjau pada aspek kematangan psikologis dan socio cultural memberikan berbagai nilai-nilai, perubahan, dan manfaat pada diri guru; (2) pengembangan diri bagi guru produktif SMK swasta belum memiliki nilai kebermaknaan pada aspek kematangan psikologis dan socio cultural. Guru mengalami kesulitan dalam pengembangan kompetensi; (3) pengembangan diri bagi guru produktif paket keahlian TGB di SMK negeri dapat memberikan peningkatan pada kompetensi pedagogik dan profesional. Guru produktif dapat menambah pengetahuan dan keterampilan dalam bidang kurikulum, kejuruan, perkembangan teknologi, serta strategi dan metode pembelajaran; dan (4) profil kompetensi pada guru produktif paket keahlian TGB di SMK swasta belum mengalami peningkatan yang signifikan dari kegiatan pengembangan diri dan berdampak pada kesulitan guru dalam peningkatan kompetensi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan diri, kematangan psikologis, socio cultural, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Dec 2016 06:17
Last Modified: 09 May 2019 07:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44834

Actions (login required)

View Item View Item