PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-GUGUS 3 KECAMATAN SEYEGAN KABUPATEN SLEMAN

Widyanto, Sigit (2016) PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-GUGUS 3 KECAMATAN SEYEGAN KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Sigit Widyanto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kemampuan membaca pemahaman terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa kelas V sekolah dasar se-gugus 3 Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman tahun ajaran 2016/2017. Kajian dilatarbelakangi oleh permasalahan pada kemampuan membaca pemahaman dan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika. Penelitian ini merupakan penelitian exspost facto dengan sampel penelitian sebanyak 123 siswa yang ditentukan secara acak. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes dengan bentuk pilihan ganda. Instrumen tes bentuk pilihan ganda telah diuji validitas dan reliabilitas, sehingga diperoleh 27 butir valid dari 35 butir dengan reliabilitas sebesar 0,814 pada soal kemampuan membaca pemahaman dan 27 butir valid dari 35 butir dengan reliabilitias 0,904 pada soal kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kemampuan membaca pemahaman terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika. Hasil analisis menunjukkan Fhitung sebesar 264,217 pada signifikansi 0,000a dan dengan fungsi regresi yang terbentuk yaitu, Y = - 0,253 + 1,049 X. Selain itu, sumbangan kemampuan membaca pemahaman terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika diketahui sebesar 68,6%. Kata Kunci : membaca pemahaman, menyelesaikan soal cerita matematika, sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Dec 2016 04:13
Last Modified: 30 Jan 2019 12:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44833

Actions (login required)

View Item View Item