PENINGKATAN SIKAP SOSIAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING SISWA KELAS V SD N NGENTAKREJO

Rismawanti, Rismawanti (2016) PENINGKATAN SIKAP SOSIAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING SISWA KELAS V SD N NGENTAKREJO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Rismawanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan sikap sosial siswa kelas V SD Negeri Ngentakrejo melalui penerapan pembelajaran Active Learning tipe Active Knowledge Sharing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau PTK. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Ngentakrejo, dengan jumlah 20 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan skala. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan skala sikap sosial. Uji validitas instrumen menggunakan jenis validitas isi dan validitas konstruk. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika sikap sosial siswa kelas V SD Negeri Ngentakrejo mengalami peningkatan dengan kriteria sangat baik, yaitu ≥ 76%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap sosial siswa kelas V SD Negeri Ngentakrejo dapat meningkat dengan pembelajaran Active Learning tipe Active Knowledge Sharing. Hasil skala sikap pra tindakan menunjukkan sikap sosial siswa sebesar 61,16% dan hasil observasi menunjukkan kurangnya interaksi dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Pada siklus I meningkat menjadi 83,06% dengan kemajuan proses pembelajaran berupa komunikasi dan kerjasama siswa yang mulai terlihat. Pada siklus II mencapai 92,83% diikuti peningkatan komunikasi, empati, keterbukaan, dan kerjasama pada proses pembelajaran. Sedangkan, persentase hasil observasi menunjukkan peningkatan proses pembelajaran dari siklus I sebesar 71,56% menigkat menjadi 84,60% pada siklus II. Dengan demikian penerapan pembelajaran Active Learning tipe Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan sikap sosial siswa kelas V SD Negeri Ngentakrejo. Kata Kunci: sikap sosial, siswa Sekolah Dasar, Active Knowledge Sharing

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Dec 2016 04:01
Last Modified: 30 Jan 2019 12:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44832

Actions (login required)

View Item View Item