PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI TEKNIK CERITA BERANTAI SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 KALIORI BANYUMAS

Sari, Nirmala Ratna (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI TEKNIK CERITA BERANTAI SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 KALIORI BANYUMAS. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Nirmala Ratna Sari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil peningkatkan keterampilan berbicara melalui teknik cerita berantai siswa kelas IV SD Negeri 3 Kaliori, Banyumas. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa. Selain itu, siswa kurang dibiasakan berbicara di depan kelas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Kaliori yang berjumlah 20 siswa. Objek penelitian adalah keterampilan berbicara. Desain penelitian menggunakan model penelitian Kemmis dan McTaggart. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Tindakan pembelajaran siklus I dilakukan dengan cerita berantai berdasarkan cerita yang dibuat oleh guru. Siswa tidak mengalami kendala dalam aspek kebahasaan (kosakata/ungkapan dan struktur kalimat yang digunakan) dan aspek nonkebahasaan (keberanian, keramahan, dan sikap). Tindakan cerita berantai siklus II berdasarkan cerita yang dibuat oleh siswa. Tindakan Siklus II difokuskan pada aspek kebahasaan (tekanan, ucapan, nada dan irama) dan aspek nonkebahasaan (kelancaran dan penguasaan materi) yang masih kurang. Pembelajaran keterampilan berbicara melalui teknik cerita berantai berdasarkan cerita yang dibuat siswa menunjukkan peningkatan keterampilan berbicara siswa. Peningkatan ditunjukkan dengan hasil nilai keterampilan berbicara siswa. Peningkatan yang terjadi yaitu rata-rata kelas yang diperoleh adalah 63,15 dengan persentase pencapaian nilai ≥75 sebesar 15%,. Setelah dilakukan tindakan teknik cerita berantai berdasarkan cerita yang dibuat guru pada siklus I nilai rata-rata meningkat 13,4 menjadi 77,05 dengan persentase pencapaian meningkat 50% menjadi 65%. Sedangkan tindakan cerita berantai berdasarkan cerita yang dibuat siswa pada siklus II nilai rata-rata meningkat 4,2 menjadi 81,25 dengan persentase pencapaian meningkat 20% menjadi 85%. Kata kunci: keterampilan berbicara, cerita beratai, sekolah dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Dec 2016 03:57
Last Modified: 30 Jan 2019 12:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44829

Actions (login required)

View Item View Item