PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE TIME TOKEN PADA SISWA KELAS 5 B SD NEGERI TEGALPANGGUNG

Prasetiya, Muhammad Irfan Aris (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE TIME TOKEN PADA SISWA KELAS 5 B SD NEGERI TEGALPANGGUNG. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Muhammad Irfan Aris Prasetiya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk : (1) mengetahui pelaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Time Token dalam mata pelajaran IPS pada siswa kelas 5 SD Negeri Tegalpanggung, (2) meningkatkan keaktifan Ilmu Pengetahuan Sosial dengan penerapan metode Time Token Arends pada siswa kelas 5 SD Negeri Tegalpanggung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Tegalpanggung dengan subyek penelitian adalah siswa kelas 5 B yang berjumlah 22 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus masing-masing siklus menggunakan 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini diketahui bahwa: (1) proses pembelajaran dengan menggunakan metode Time Token melalui beberapa langkah secara umum telah dilakukan guru dengan baik pada setiap langkah pembelajarannya baik pada siklus I dan siklus II. (2) peningkatan aktifitas belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran Time Token terbukti dapat dilihat dalam 6 indikator yaitu: visual activities, oral activities, lisening actvities, writting activities, mental activities dan emotional activities. Pada siklus I aktivitas belajar siswa sebesar 74,6%. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu menjadi 86,5%. Kata kunci : aktivitas belajar, pembelajaran IPS, metode Time Token

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Dec 2016 03:51
Last Modified: 30 Jan 2019 12:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44828

Actions (login required)

View Item View Item