Wardoyo, Taufiq Aris (2016) Keefektifan Kuis Cerdas Tangkas dan Teka Teki Silang dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman Bahasa Indonesia dengan Materi Sastra Kelas VIII di SMP Negeri 1 Pajangan Bantul. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-taufiq-aris-wardoyo-12706251017.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan penggunaan teknik kuis cerdas tangkas dibandingkan dengan teknik konvensional dalam pembelajaran keterampilan membaca pemahaman bahasa Indonesia siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Pajangan, menganalisis keefektifan penggunaan teknik kuis Teka-teki Silang dibandingkan dengan teknik konvensional dalam pembelajaran keterampilan membaca pemahaman bahasa Indonesia siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Pajangan, dan menguji mana yang lebih efektif penggunaannya antara teknik kuis cerdas tangkas dan kuis teka-teki silang dalam pembelajaran keterampilan membaca pemahaman Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Pajangan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitianp Pretest–posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pajangan yang berjumlah 139 siswa. Adapun sampel diambil dengan menggunakan teknik penyampelan simple cluster random sampling. Teknik analisis data yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan analisis Kruskal-Wallis Test yang dilanjutkan dengan Uji Scheffe. Hasil analisis data menunjukkan: (1) Kuis cerdas tangkas tidak lebih efektif dibanding dengan teknik konvensional dalam pembelajaran keterampilan membaca Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pajangan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai p yaitu sebesar 0,083 lebih besar dari 0,05 (p>0,05), (2) Kuis teka teki silang lebih efektif dibanding dengan teknik konvensional dalam pembelajaran keterampilan membaca Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pajangan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai p yaitu sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (p<0,05), dan (3) Kuis teka teki silang lebih efektif dibanding dengan teknik kuis cerdas tangkas dan konvensional dalam pembelajaran keterampilan membaca Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pajangan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan mean rank post test pada NPar Test Kruskal-Wallis Test dapat dilihat bahwa teknik kuis teka teki silang lebih efektif dibandingkan dengan teknik kuis cerdas tangkas dan konvensional yaitu sebesar 55,54>43,43>31,31.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan membaca, cerdas tangkas, teka-teki silang |
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 19 Dec 2016 03:54 |
Last Modified: | 09 Nov 2022 03:22 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44826 |
Actions (login required)
View Item |