Keefektifan Kuis Cerdas Tangkas dan Teka Teki Silang dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman Bahasa Indonesia dengan Materi Sastra Kelas VIII di SMP Negeri 1 Pajangan Bantul.

Wardoyo, Taufiq Aris (2016) Keefektifan Kuis Cerdas Tangkas dan Teka Teki Silang dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman Bahasa Indonesia dengan Materi Sastra Kelas VIII di SMP Negeri 1 Pajangan Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-taufiq-aris-wardoyo-12706251017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan penggunaan teknik kuis cerdas tangkas dibandingkan dengan teknik konvensional dalam pembelajaran keterampilan membaca pemahaman bahasa Indonesia siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Pajangan, menganalisis keefektifan penggunaan teknik kuis Teka-teki Silang dibandingkan dengan teknik konvensional dalam pembelajaran keterampilan membaca pemahaman bahasa Indonesia siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Pajangan, dan menguji mana yang lebih efektif penggunaannya antara teknik kuis cerdas tangkas dan kuis teka-teki silang dalam pembelajaran keterampilan membaca pemahaman Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Pajangan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitianp Pretest–posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pajangan yang berjumlah 139 siswa. Adapun sampel diambil dengan menggunakan teknik penyampelan simple cluster random sampling. Teknik analisis data yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan analisis Kruskal-Wallis Test yang dilanjutkan dengan Uji Scheffe. Hasil analisis data menunjukkan: (1) Kuis cerdas tangkas tidak lebih efektif dibanding dengan teknik konvensional dalam pembelajaran keterampilan membaca Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pajangan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai p yaitu sebesar 0,083 lebih besar dari 0,05 (p>0,05), (2) Kuis teka teki silang lebih efektif dibanding dengan teknik konvensional dalam pembelajaran keterampilan membaca Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pajangan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai p yaitu sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (p<0,05), dan (3) Kuis teka teki silang lebih efektif dibanding dengan teknik kuis cerdas tangkas dan konvensional dalam pembelajaran keterampilan membaca Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pajangan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan mean rank post test pada NPar Test Kruskal-Wallis Test dapat dilihat bahwa teknik kuis teka teki silang lebih efektif dibandingkan dengan teknik kuis cerdas tangkas dan konvensional yaitu sebesar 55,54>43,43>31,31.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterampilan membaca, cerdas tangkas, teka-teki silang
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Dec 2016 03:54
Last Modified: 09 Nov 2022 03:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44826

Actions (login required)

View Item View Item