Determinan Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Digital Guru SMK Bidang Studi Keahlian Pariwisata Di DIY.

Warno, Kusminarko (2016) Determinan Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Digital Guru SMK Bidang Studi Keahlian Pariwisata Di DIY. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-kusminako-warno-13702251004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) mengetahui kondisi Literasi TIK digital Guru SMK Bidang Studi Keahlian Pariwisata di DIY; (2) mengetahui pengaruh motivasi berprestasi terhadap literasi TIK digital Guru SMK Bidang Studi Keahlian Pariwisata di DIY; (3) mengetahui pengaruh sarana prasarana terhadap literasi TIK digital Guru SMK Bidang Studi Keahlian Pariwisata di DIY; (4) mengetahui pengaruh motivasi berprestasi dan sarana prasarana terhadap literasi TIK Digital Guru SMK Bidang Studi Keahlian Pariwisata di DIY; (5) mengetahui perbedaan literasi TIK Digital antara generasi baby boomer, X dan Y pada Guru SMK Bidang Studi Keahlian Pariwisata di DIY; (6) mengetahui pengaruh antara motivasi berprestasi dan sarana prasarana terhadap literasi TIK Digital Guru SMK dimoderatori oleh generasi baby boomer, X dan Y. Jenis penelitian adalah ex post facto, dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah guru SMK Bidang Studi Keahlian Pariwisata di DIY, yang terdiri dari SMK N1 Depok, SMK N 1 Sewon, SMK N 6 Yogyakarta, SMK N 1 Pengasih dan SMK N 1 Wonosari. Jumlah sampel ditentukan berdasarkan pada tabel Isaac & Michael dengan tingkat kesalahan α sebesar 5%. Sampel setiap sekolah diambil secara proportional sampling, total sampel sebanyak 130 guru. Hipotesis dalam penelitian diuji dengan pendekatan analisis jalur dengan bantuan program komputer SPSS v.19. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) mayoritas literasi TIK digital guru berkategori sedang yaitu sebanyak 80,0%, secara umum literasi TIK digital guru perlu ditingkatkan lagi; (2) terdapat pengaruh signifikan motivasi berprestasi terhadap literasi TIK digital dibuktikan dengan nilai signifikansi variabel motivasi berprestasi yaitu 0,000 dan nilai t hitung 5,151; (3) terdapat pengaruh signifikan sarana prasarana terhadap literasi TIK digital, dibuktikan dengan nilai signifikansi variabel sarana prasarana yaitu 0,000 dan nilai t hitung 4,601; (4) terdapat pengaruh signifikan motivasi berprestasi dan sarana prasarana secara simultan terhadap literasi TIK digital, dibuktikan dengan nilai F hitung yaitu 42,882 dan signifikansi 0,000 dapat diketahui bahwa F hitung diatas F tabel dan signifikansi lebih kecil dari 0,05; (5) terdapat perbedaan literasi TIK Digital antara generasi baby boomer, generasi X dan generasi Y, dibuktikan dengan nilai F hitung yaitu 5,294 dan signifikansi 0,006; (6) terdapat pengaruh motivasi berprestasi, sarana prasarana sekolah dimoderatori generasi guru terhadap literasi TIK digital dibuktikan dengan nilai variabel moderasi yang memiliki nilai signifikansi b=dibawah 0,05, hasil koefisien yaitu 0,04; 0,040 dan 0,000 dapat dikatakan adanya pengaruh yang positif. Artinya, dengan adanya variabel generasi usia guru dapat meningkatkan kemampuan literasi TIK guru.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: literasi TIK digital, generasi, motivasi berprestasi, sarana prasarana
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Dec 2016 02:57
Last Modified: 05 Sep 2022 03:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44825

Actions (login required)

View Item View Item