Pratiwi, Henny Riska (2016) Pengembangan Multimedia Pembelajaran untuk Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Palm Kids School Yogyakarta. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-henny-riska-pratiwi-14707251001.swf Download (26MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan produk multimedia pembelajaran untuk mengembangkan aspek kognitif pada materi mengenal bilangan anak Palm Kids School Yogyakarta, dan (2) mengetahui tingkat kelayakan produk yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengacu pada langkah-langkah desain pengembangan yang dikembangkan oleh Allesi & Trollip, yang dikelompokkan atas tiga prosedur pengembangan, yang meliputi: (a) planning, (b) design, dan (c) development yang dilengkapi dengan komponen atribut mencakup standards, ongoing evaluation, dan project management. Atribut pengembangan berfungsi sebagai komponen kontrol yang selalu ada dalam setiap tahap pengembangan produk. Uji coba produk didesain terdiri dari uji alpha yang dilakukan oleh dua ahli materi dan dua ahli media, serta uji beta dilakukan oleh satu guru kelas K1 dan 22 anak K1. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara analisis kebutuhan, angket untuk ahli materi, angket untuk ahli media, angket respon anak, dan instrumen penilaian hasil belajar kognitif berupa lembar kerja anak. Teknik analisis data yang digunakan teknik kuantitatif deskriptif. Penelitian ini menghasilkan produk multimedia pembelajaran yang memenuhi kriteria dan dinyatakan layak sebagai media pembelajaran. Skor penilaian kelayakan produk melalui uji alpha pada ahli materi adalah 3,4 (layak) dan pada ahli media adalah 3,36 (layak). Uji beta menunjukkan skor hasil penilaian guru kelas K1 sebesar 3,7 (sangat layak). Penilaian kelayakan produk multimedia pembelajaran pada aspek peningkatan perkembangan kognitif didukung oleh peningkatan perolehan rerata skor hasil belajar kognitif setelah belajar menggunakan multimedia pembelajaran. Perolehan skor hasil belajar kognitif anak K1 yang diketahui dari hasil pretes dan postes anak adalah sebesar 8,7.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | multimedia pembelajaran, kognitif anak, mengenal bilangan |
Subjects: | Pendidikan > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 19 Dec 2016 02:42 |
Last Modified: | 09 May 2019 07:50 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44818 |
Actions (login required)
View Item |