Widianto, Sih Mirmo and Rosnawati, R. (2016) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PERMAINAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA KELAS X DI KECAMATAN NGAGLIK. S1 thesis, UNY.
|
Text
BAB 1.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (265kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (166kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh metode pembelajaran permainan Clash of Clans dan terhadap hasil belajar matematika siswa SMA kelas X di Kecamatan Ngaglik dan menjelaskan perbedaan pengaruh metode permainan Clash of Clansdan metode ceramah terhadap hasil belajar matematika siswa SMA kelas X di Kecamatan Ngaglik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian pre-test post-test group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA di Kecamatan Ngaglik yang berjumlah 405 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa SMA Negeri 1 Ngaglik pada kelas XF dengan diberikan perlakuan metode pembelajaran permainan Clash of Clans dan 32 siswa kelas XE dengan diberikan perlakuan metode pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes untuk mengukur hasil belajar matematika siswa dan lembar observasi untuk mengamati keterlaksanaan pembelajaran yang digunakan oleh peneliti. Uji validitas yang digunakan adalah validitas isi. Estimasi reliabilitias menggunakan Alpha Cronbach dengan hasil estimasi reliabilitas soal pretest&posttest adalah 0,58 sehingga termasuk dalam kategori sedang. Uji hipotesis pertama menggunakan uji one sample t-test dan uji hipotesis kedua menggunakan uji independent samples t-tes. Hasil penelitiannya adalahmetode pembelajaran permainan Clash of Clansberpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa karenarata-rata gain skor menyatakan ada peningkatan hasil belajar matematika siswa. Metode pembelajaran permainan Clash of Clans berpengaruh lebih baik terhadap hasil belajar matematika siswa daripada metode pembelajaran ceramah karena memberikan rata-rata gain yang lebih tinggi, yaitu rata-rata gain hasil belajar matematika siswa untuk kelas dengan metode pembelajaran permainan Clash of Clans adalah 46 dan untuk kelas dengan metode konvensional adalah 42,56. Sumbangan efektif pemberian perlakuan pada kelas eksperimen sebesar 29%. Kata kunci: Metode Permainan Clash of Clans, metode ceramah, hasil belajar matematika, sumbangan efektif
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 09 Jan 2017 07:53 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 12:22 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44817 |
Actions (login required)
View Item |