Dewi, Aisyah Purnama and Rosnawati, R. (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS TEORI VARIASI PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR UNTUK SMA KELAS X. S1 thesis, UNY.
|
Text
BAB I.pdf Download (606kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (190kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (118kB) | Preview |
|
![]() |
Text
PEMBUKAAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
PRODUK 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
![]() |
Text
PRODUK 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) |
|
![]() |
Text
PRODUK 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (71MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis teori variasi pada pokok bahasan Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linear untuk SMA kelas X yang memiliki kualitas baik dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Model yang digunakan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran adalah model 3-D yang meliputi define, design, dan develop. Tahap define terdiri dari: a) analisis ujung depan; b) analisis siswa; c) analisis tugas; d) analisis konsep; dan e) perumusan tujuan pembelajaran. Tahap design terdiri dari: a) perancangan RPP; b) perancangan LKS; c) perancangan instrumen dan validasi instrumen penilaian perangkat pembelajaran. Pada tahap develop terdiri dari: a) validasi perangkat pembelajaran oleh ahli materi dan ahli media pembelajaran matematika; b) ujicoba; dan c) tes evaluasi hasil belajar. Pada tahap define dihasilkan analis yang mendasari perancangan perangkat pembelajaran pada tahap design. Hasil rancangan RPP berdasarkan teori variasi memiliki karakteristik tertentu, yakni: menggunakan tujuan belajar sesuai aspek kritis objek pembelajaran; menggunakan variasi (meliputi variasi tahapan belajar siswa, aktivitas, representasi konsep, dan tugas belajar), serta menggunakan pendekatan induktif dengan metode yang berpusat pada siswa. Selain itu, hasil rancangan LKS berdasarkan teori variasi juga memiliki karakteristik tertentu, yakni: memuat variasi representasi konsep; variasi aktivitas konseptual dan prosedural dengan pola variasi. Dari tahap develop didapatkan data penilaian kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran. Berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media pembelajaran, perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria ‘sangat valid’ dengan rata-rata skor keseluruhan 163 untuk RPP dan memenuhi kriteria ‘valid’ dengan rata-rata skor keseluruhan 256 untuk LKS. RPP yang dikembangkan juga memenuhi kriteria ‘sangat praktis’ dengan rata-rata skor keseluruhan 43 berdasarkan penilaian guru matematika, sedangkan LKS yang dikembangkan juga memenuhi kriteria ‘praktis’ dengan rata-rata skor keseluruhan 109,093 berdasarkan penilaian guru matematika dan siswa. Berdasarkan hasil tes evaluasi hasil belajar dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan juga memenuhi kriteria ‘sangat efektif’ dengan persentase ketuntasan kelompok siswa mencapai 90,625%. Kata kunci: teori variasi, perangkat pembelajaran, sistem persamaan dan pertidaksamaan linear.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 19 Dec 2016 07:38 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 12:22 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44811 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |