Febrianti, Lisa and Mahmudi, Ali (2016) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PENDEKATAN METAKOGNITIF BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL DAN PENDEKATAN SAINTIFIK DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA. S1 thesis, UNY.
![]() |
Text
AWAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (9MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (8MB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (515kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (82MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efektivitas pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan penalaran matematis siswa pada pembelajaran matematika di SMA, (2) efektivitas pendekatan metakognitif berbasis masalah kontekstual ditinjau dari kemampuan penalaran matematis siswa pada pembelajaran matematika di SMA, dan (3) perbandingan efektivitas pendekatan metakognitif berbasis masalah kontekstual dan pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan penalaran matematis siswa pada pembelajaran matematika di SMA. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment atau eksperimen semu dengan desain penelitian pretest posttest with non equivalent comparison-control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Purworejo yang terdiri atas 8 kelas. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling dengan kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen yang melaksanakan pembelajaran matematika dengan pendekatan metakognitif berbasis masalah kontekstual dan kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol yang melaksanakan pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik. Pembelajaran pada masing-masing kelas didukung dengan media LKS yang diberikan oleh guru. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes kemampuan penalaran matematis yang terdiri atas pretest dan postest. Uji efektivitas pembelajaran menggunakan uji one sample t-test, sedangkan uji perbandingan efektivitas menggunakan uji independent sample t-test berbantuan SPSS version 23 for windows dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan bahwa (1) pendekatan saintifik efektif ditinjau dari kemampuan penalaran matematis siswa pada pembelajaran matematika di SMA, (2) pendekatan metakognitif berbasis masalah kontekstual efektif ditinjau dari kemampuan penalaran matematis siswa pada pembelajaran matematika di SMA, dan (3) pendekatan metakognitif berbasis masalah kontekstual lebih efektif dibandingkan pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan penalaran matematis siswa pada pembelajaran matematika di SMA.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 19 Dec 2016 07:28 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 12:22 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44808 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |