PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PENDEKATAN METAKOGNITIF BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL DAN PENDEKATAN SAINTIFIK DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA

Febrianti, Lisa and Mahmudi, Ali (2016) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PENDEKATAN METAKOGNITIF BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL DAN PENDEKATAN SAINTIFIK DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
AWAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efektivitas pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan penalaran matematis siswa pada pembelajaran matematika di SMA, (2) efektivitas pendekatan metakognitif berbasis masalah kontekstual ditinjau dari kemampuan penalaran matematis siswa pada pembelajaran matematika di SMA, dan (3) perbandingan efektivitas pendekatan metakognitif berbasis masalah kontekstual dan pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan penalaran matematis siswa pada pembelajaran matematika di SMA. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment atau eksperimen semu dengan desain penelitian pretest posttest with non equivalent comparison-control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Purworejo yang terdiri atas 8 kelas. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling dengan kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen yang melaksanakan pembelajaran matematika dengan pendekatan metakognitif berbasis masalah kontekstual dan kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol yang melaksanakan pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik. Pembelajaran pada masing-masing kelas didukung dengan media LKS yang diberikan oleh guru. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes kemampuan penalaran matematis yang terdiri atas pretest dan postest. Uji efektivitas pembelajaran menggunakan uji one sample t-test, sedangkan uji perbandingan efektivitas menggunakan uji independent sample t-test berbantuan SPSS version 23 for windows dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan bahwa (1) pendekatan saintifik efektif ditinjau dari kemampuan penalaran matematis siswa pada pembelajaran matematika di SMA, (2) pendekatan metakognitif berbasis masalah kontekstual efektif ditinjau dari kemampuan penalaran matematis siswa pada pembelajaran matematika di SMA, dan (3) pendekatan metakognitif berbasis masalah kontekstual lebih efektif dibandingkan pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan penalaran matematis siswa pada pembelajaran matematika di SMA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 19 Dec 2016 07:28
Last Modified: 30 Jan 2019 12:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44808

Actions (login required)

View Item View Item