PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PROBLEM SOLVING SISWA MAN 1 YOGYAKARTA

Pratamawati Puri, Arum and Prasetyo Kun, Zuhdan (2016) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PROBLEM SOLVING SISWA MAN 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kritis dan problem solving siswa antara yang menggunakan PBL dengan yang menggunakan model mengajar konvensional pada pembelajaran fisika materi pokok suhu dan kalor kelas X MAN Yogyakarta I. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sampel penelitian ini adalah dua kelas yang diambil dengan pertimbangan tertentu dari 7 kelas yang ada. Sampel yang digunakan terdiri atas 22 siswa kelas X MIA 2 (kelas eksperimen yang menggunakan) dan 22 siswa kelas X MIA 1 (kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest pada kedua kelas sampel lalu memasangakn siswa dengan nilai sama. Selama pembelajaran siswa mengisi lembar diskusi, lembar diskusi inilah yang akan dianalisis menjadi data kemmapuan berpikir kritis. Di akhir pebelajaran bab suhu dan kalor siswa akan melakukan ulangan, jawaban essay ulangan akan dianalisis dan didapatkan data mengenai kemampuan problem solving. Teknik analisis data terdiri dari teknik pengujian prasyarat analisis dan pengujian hipotesis. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji manova. Hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis antara pembelajaran fisika dengan PBL dan konvensional dilain pihak ada perbedaan yang signifikan kemampuan problem solving antara pembelajaran fisika menggunakan PBL dan konvensional. Data Critical thinking menghasilkan Sig. (>0,05) sedangkan untuk problem solving Sig. (<0,05), dari data yang dihimpun nilai problem solving kelas eksperimen cenderung lebih tinggi daripada kelas kontrol. Kata kunci: efektivitas, PBL(Problem Based Learning), Kemampuan berpikir kritis (Critical thinking), Problem solving

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 19 Dec 2016 07:31
Last Modified: 06 Mar 2019 00:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44803

Actions (login required)

View Item View Item