PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI CERITA PENDEK MELALUI METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) SISWA KELAS V SD 3 JARAKAN

Jampar, Marselina Sulastri (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI CERITA PENDEK MELALUI METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) SISWA KELAS V SD 3 JARAKAN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Marselina Sulastri Jampar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran memahami isi cerita pendek dan meningkatkan kemampuan memahami isi cerita pendek siswa kelas V SDN 3 Jarakan tahun ajaran 2015/2016 dengan menerapkan metode cooperative integrated reading and composition (CIRC). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart, dengan subjek tindakan yaitu siswa-siswi kelas V SD 3 Jarakan yang berjumlah 29 siswa. Objek penelitian ini adalah kemampuan memahami isi cerita pendek. Tindakan yang dilakukan adalah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes esai dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode CIRC pada pembelajaran memahami isi cerita pendek dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Siswa yang awalnya pasif menjadi aktif dan motivasi belajar siswa khususnya untuk mengikuti pembelajaran dengan materi cerita pendek juga meningkat. Selain itu, kemampuan memahami isi cerita pendek siswa kelas V SDN 3 Jarakan. Peningkatan pemahaman terhadap isi cerita pendek dilihat dari meningkatnya kemampuan siswa dalam menentukan tema dan alur dari sebuah cerita pendek, dimana kedua unsur ini awalnya sangat sulit bagi siswa. Selain itu, siswa juga semakin mudah dan tepat dalam menentukan tokoh dan setting. Terkait amanat, siswa yang awalnya memiliki kesalahan persepsi kemudian bisa menentukan amanat dari sebuah cerita pendek dengan tepat, sedangkan untuk menuliskan kembali cerita, siswa bisa menuliskan kembali cerita pendek dengan makna yang utuh. Peningkatan kemampuan memahami isi cerita juga terlihat dari meningkatnya hasil tes dimana pada pra tindakan presentasenya 34,48%, pada siklus I meningkat menjadi 55,17% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 79,31%. Kata Kunci: cerita pendek, metode CIRC

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Dec 2016 04:49
Last Modified: 30 Jan 2019 12:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44796

Actions (login required)

View Item View Item