PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CETAK BERBASIS KOMUNIKASI VISUAL BERMUATAN LOKAL PADA TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP SUBTEMA AYO CINTAI LINGKUNGAN UNTUK SD KELAS IV

Primadi, Lukman (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CETAK BERBASIS KOMUNIKASI VISUAL BERMUATAN LOKAL PADA TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP SUBTEMA AYO CINTAI LINGKUNGAN UNTUK SD KELAS IV. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Lukman Primadi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar cetak pelengkap pembelajaran berbasis komunikasi visual bermuatan lokal yang layak digunakan sebagai media pembelajaran pada Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup subtema Ayo Cintai Lingkungan untuk kelas IV di SD Negeri 1 Srandakan, Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan mengacu pada model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Selanjutnya model tersebut diadaptasi menjadi tahap pendefinisan (Define), perancangan (Design), dan pengembangan (Develop). Bahan ajar yang dikembangkan divalidasi oleh satu orang ahli materi dan satu orang ahli media. Sebelum dilakukan uji coba kepada siswa, bahan ajar juga mendapatkan tanggapan dari guru selaku praktisi melalui angket respon guru. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Srandakan, Kabupaten Bantul. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pedoman wawancara, pedoman observasi, dan angket. Teknik analisis data yaitu deskriptif. Hasil validasi dan review dari ahli materi dan media menyatakan bahwa bahan ajar cetak yang dikembangkan dengan mengangkat muatan lokal berupa materi tentang permasalahan lingkungan akibat fenomena alam abrasi di Kabupaten Bantul yang dikemas berbasis komunikasi visual sudah layak diujicobakan di lapangan. Hal tersebut dibuktikan dari hasil validasi ahli materi pada aspek kelayakan isi dan bahasa mendapatkan skor rata-rata 4,05 dan 3,84 termasuk dalam kategori baik. Hasil validasi ahli media pada aspek kelayakan kegrafikan dan penyajian mendapatkan skor rata-rata 4,06 dan 4,00 termasuk dalam kategori baik. Hasil angket respon guru mendapatkan skor rata-rata 4,22 termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil uji coba kelompok kecil (terbatas) mendapatkan skor rata-rata 4,16 termasuk dalam kategori baik. Hasil uji coba lapangan (luas) mendapatkan skor rata-rata 4,44 termasuk dalam kategori sangat baik. Kata kunci: bahan ajar cetak, komunikasi visual, muatan lokal

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Dec 2016 04:37
Last Modified: 30 Jan 2019 12:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44795

Actions (login required)

View Item View Item