UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IV SD N KRATON YOGYAKARTA

Sabere, Kurniawan (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IV SD N KRATON YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Kurniawan Sabere.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan media gambar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV SD N Kraton Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Mc Tggart. Dalam penelitian ini tidak melakukan penelitian secara sendiri akan tetapi berkolaborasi atau bekerjasama dengan guru kelas. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD N Kraton Yogyakarta yang berjumlah 24 orang. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu dengan pengamatan (observasi) dan tes. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data kualitatif mengenai gambaran motivasi belajar siswa dalam menggunakan media gambar dalam pembelajaran.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Langkah-langkah pelaksanaan media gambar yaitu guru mengenalkan media gambar pada anak, agar siswa dapat melihat dengan jelas. Siswa memperhatikan gambar tentang sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan yang tidak dapat diperbaharui yang disampaikan guru, siswa bertanya terhadap media yang disajikan, siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD N kraton Yogyakarta pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Hal ini dijelaskan bahwa dengan adanya media gambar dapat meningkatkan motivasi siswa dilihat dari pelaksanaan tindakan pada pembelajaran dari observasi awal didapat tingkat motivasi siswa pada siklus I rata-rata adalah 66,04 ketuntasan 8 siswa atau 33,33% , dan belum tuntas ada 16 siswa atau 66,66%. mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata 84,37, ketuntasan ada 21 siswa atau 87,5% dan yang belum tuntas ada 3 siswa atau 12,5% dengan demikian ada peningkatan motivasi belajar siswa meningkat. Motivasi belajar siswa pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan karena ≥ 75% sudah mencapai KKM. Kata kunci: Motivasi Belajar, Media Gambar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Dec 2016 04:34
Last Modified: 30 Jan 2019 12:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44794

Actions (login required)

View Item View Item