Pengembangan Multimedia Pembelajaran Geografi Berbasis Memory Sport pada Materi Litosfer untuk Peserta Didik Kelas X SMA N 6 Yogyakarta.

Prismanata, Yoga (2016) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Geografi Berbasis Memory Sport pada Materi Litosfer untuk Peserta Didik Kelas X SMA N 6 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yoga-prismanata-14707251008.swf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan pengembangan produk multimedia pembelajaran geografi berbasis memory sport yang layak pada peserta didik kelas X SMAN 6 Yogyakarta, dan (2) mendeskripsikan efektifitas produk multimedia pembelajaran geografi berbasis memory sport terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMAN 6 Yogyakarta. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan jenis prosedural yang diformulasikan oleh Alessi & Trollip. Desain pengembangan dengan menggunakan model tersebut terdiri dari tiga fase, yaitu: (1) perencanaan, (2) desain, dan (3) pengembangan. Subyek coba dalam penelitian pengembangan, yaitu: 2 ahli materi dan 2 ahli media pada uji alfa, kemudian 22 peserta didik SMA kelas X pada uji beta. Sedangkan untuk uji efektivitas digunakan 2 kelas, diantaranya ialah kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan instrumen analisis kebutuhan untuk peserta didik dan guru, lembar validasi produk untuk ahli materi, lembar validasi produk untuk ahli media, kuisioner untuk pengguna, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran geografi berbasis memory sport dinilai sangat baik yang diperoleh melalui uji alpha dan uji beta, sehingga layak digunakan untuk sumber belajar peserta didik. Uji efektivitas produk menunjukkan bahwa penggunaan multimedia pembelajaran geografi berbasis memory sport terbukti lebih efektif daripada multimedia pembelajaran geografi biasa. Nilai gain (perolehan) antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang menunjukkan bahwa nilai gain kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dan berbeda secara signifikan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Geografi, Memory Sport, Multimedia Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Dec 2016 03:58
Last Modified: 09 May 2019 07:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44788

Actions (login required)

View Item View Item