Analisis Kemampuan Proses Kognitif dan Produk Kognitif Peserta Didik pada Pelajaran Biologi Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI SMA di Padang Ditinjau dari Kefavoritan Sekolah.

Isti'farin, Isti'farin (2016) Analisis Kemampuan Proses Kognitif dan Produk Kognitif Peserta Didik pada Pelajaran Biologi Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI SMA di Padang Ditinjau dari Kefavoritan Sekolah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-isti'farin-14725251027.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan dimensi proses dan produk kognitif peserta didik pada pelajaran biologi kelas XI di kota Padang dan mengetahui ada tidaknya perbedaan tingkat penguasaan dimensi proses dan produk kognitif peserta didik pada pelajaran biologi materi sistem reproduksi manusia kelas XI antara sekolah favorit dan tidak favorit di kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian survei deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas XI IPA SMA Negeri kota Padang tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sekolah yang dijadikan sampel penelitian menggunakan kriteria tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik puposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan intrumen tes dimensi proses kognitif dan produk kognitif yang terdiri dari item tes pilihan ganda dan item tes uraian serta instrumen non tes yang terdiri dari angket penguasaan metakognitif peserta didik, angket keterlaksanaan proses pembelajaran, dan telaah rencana pelaksanaan pembelajaran. Analisis data instrumen tes dalam penelitian ini menggunakan program QUEST untuk melihat kesesuaian butir tes baik pilihan ganda maupun uraian terkait reliabilitas, kecocokan item (fit) dengan model, dan tingkat kesulitan item, serta menggunakan program BILOGMG dan PARSCALE untuk mengetahui grafik ICC, fungsi informasi dan SEM. Analisis data untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan tingkat penguasaan dimensi proses kognitif dan produk kognitif peserta didik di sekolah favorit dan tidak favorit menggunakan uji U Mann-Whitney pada taraf 0,05. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji U Mann-Whitney menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan mengenai tingkat penguasaan dimensi proses kognitif dan produk kognitif peserta didik di sekolah favorit dan tidak favorit dengan nilai signifikansi (p) < 0.05. Peserta didik di sekolah favorit cenderung menunjukkan aspek kognitif yang lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik di sekolah tidak favorit. Hasil analisi tujuan pembelajaran dalam rencana pelaksanaan menunjukkan bahwa guru, baik di sekolah favorit maupun di sekolah tidak favorit baru mengembangkan proses kognitif memahami (C2) dan produk kognitif pengetahuan konseptual. Hasil analisis keterlaksanaan proses pembelajaran menunjukkan adanya perbedaan dimensi produk kognitif yang dikembangkan selama proses pembelajaran materi sistem reproduksi manusia.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: analisis, proses kognitif, produk kognitif, pelajaran biologi, kefavoritan sekolah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Dec 2016 03:32
Last Modified: 09 May 2019 07:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44785

Actions (login required)

View Item View Item