PENERAPAN STRATEGI PEMBEL AJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI AKTIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn KELAS IV SD N SAWIT, SEWON BANTUL

Lamalelang, Emanuel (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBEL AJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI AKTIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn KELAS IV SD N SAWIT, SEWON BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Emanuel Lamalelang.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran PKn kelas IV dengan menerapkan strategi pembelajaran problem based learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek dalam penelitian yaitu siswa-siswi kelas IV SDN Sawit yang berjumlah 33 orang serta objek dalam penelitian adalah partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran PKn. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi. Tindakan yang dilakukan dalam pelaksanaan penelitian adalah pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran problem based learning (PBL). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Langkah-langkah pembelajaran yang dilaksanakan yaitu diawali dengan penyajian suatu masalah, siswa mendefenisikan masalah, membentuk kelompok diskusi untuk mencari tahu penyebap munculnya masalah melalui berbagai sumber kemudian menyajikan alternatif pemecahan masalah dalam kelompok kemudian melalui perwakilan dari tiap-tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa partisipasi aktif siswa kelas IV SDN Sawit, Sewon Bantul meningkat setelah penerapan strategi pembelajaran problem based learning (PBL) dalam pembelajaran PKn. Peningkatan ini diketahui melalui hasil observasi partisipasi aktif siswa dalam satu kelas. Berikut presentase partisipasi aktif siswa pra tindakan 42% meningkat menjadi 67% pada siklus I, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 85% dengan partisipasi aktif siswa yang meningkat antara lain: siswa mulai terlihat berpikir untuk menemukan solusi atas suatu permasalahan, siswa terlibat dalam mencari dan memanfaatkan setiap sumber belajar, siswa terlibat dalam bertanya jawab dengan guru dan dengan teman dalam kelompoknya. Kata Kunci : strategi pembelajaran problem based learning (PBL), partisipasi aktif siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Dec 2016 02:19
Last Modified: 30 Jan 2019 12:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44781

Actions (login required)

View Item View Item