Analisis Materi Tata Bahasa pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Jenjang Sekolah Menengah Pertama.

Ananda, Alyvia (2016) Analisis Materi Tata Bahasa pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Jenjang Sekolah Menengah Pertama. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-alyvia-ananda-14715251020.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan model penyampaian materi tata bahasa, cakupan materi tata bahasa, dan kesesuaian materi tata bahasa dengan Kurikulum 2006 (KTSP) pada BSE bahasa Indonesia jenjang sekolah menengah pertama (SMP). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku mata pelajaran bahasa Indonesia jenjang sekolah menengah pertama (SMP) yang disajikan dalam format buku sekolah elektronik (BSE) dan dapat diakses di http://bse.kemdikbud.go.id. BSE yang digunakan berjumlah 15 buku dengan rincian BSE kelas VII sebanyak lima buku, BSE kelas VIII sebanyak lima buku, dan BSE kelas IX sebanyak lima buku. Data diperoleh melalui teknik membaca dan mencatat, dan dianalisis menggunakan teknik analisis konten. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, model penyampaian materi tata bahasa dalam BSE bahasa Indonesia terdiri atas dua, yaitu pendekatan deduktif dan induktif. Pendekatan deduktif digunakan pada materi fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik. Pendekatan induktif digunakan pada materi morfologi, sintaksis, dan semantik. Kedua, cakupan materi tata bahasa yang terdapat pada buku sekolah elektronik bahasa Indonesia jenjang SMP/MTs terdiri atas materi fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik. Materi fonologi hanya terdiri atas satu submateri, yaitu lafal dan diftong. Morfologi dibagi menjadi lima submateri, yaitu afiksasi, reduplikasi, kata tugas, kelas kata, dan penggunaan kata. Sintaksis dibagi menjadi tiga submateri, yaitu klausa, kalimat, dan fungsi SPOKPel. Semantik dibagi menjadi dua submateri, yaitu jenis-jenis semantik dan perubahan dan pergeseran makna. Ketiga, materi fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik, pada Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SK KD) tertentu telah sesuai dengan kurikulum KTSP.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: buku ajar, buku sekolah elektronik (BSE), materi tata bahasa
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Dec 2016 02:55
Last Modified: 09 May 2019 07:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44780

Actions (login required)

View Item View Item