LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

DWI CAHYONO, DWI CAHYONO (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
nilai yg baru bola.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
nilai yg baru lompat.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RPP 1.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RPP 2.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RPP 3.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RPP 4.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RPP 5.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RPP 6.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RPP 7.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RPP 8.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LAP OBSR pembelajaran.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
berita acara penyerahan tinggalan.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Catatan PPL cahyo 2014 baru0.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ABSENSI PESERTA DIDIK SMP N 1 PRAMBANAN KLATEN.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
foto kegiatan 3.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Hasil Observasi Kondisi Sekolah.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jadwal plajran.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kartu bimbingan @ kalender akademik.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAPORAN PENDANAAN KEGIATAN.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
matriks PPL.pdf

Download (859kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata pengantar.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU ppl.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan 01.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Sampul Laporan CAHYO.pdf

Download (78kB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktekkan ilmu yang bersifat teoretis yang telah diterima di perkuliahan. Pada saat PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut sekaligus mencari ilmu secara empirik dan bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat di perkuliahan. Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk mendapatkan berbagai pengalaman mengenai proses pembelajaran dan kegiatan dalam lingkungan sekolah yang digunakan sebagai bekal menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang digunakan sebagai tenaga pendidik. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL langsung pada lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktek ini adalah SMP Negeri 1 Prambanan Klaten, yang dilaksanakan mulai dari tanggal 2 Juli 2014 hingga tanggal 17 September 2014. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 8 kali pertemuan, namun praktikan dapat melakukan kegiatan pengajaran di kelas sebanyak 6 kali dalam satu kelas, sedangkan kelas yang diajar sebanyak 4 kelas, yaitu kelas VIII E, VIII F, VIII G dan VIII H. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas antara lain, komando, resiprokal, kooperatif, dan diskusi. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain gambar dan model. Banyak kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, baik yang bersifat intern maupun ekstern, diantaranya dalam pengelolaan kelas yang sulit untuk dikendalikan, karena peserta didik terlalu ramai. Namun, hal ini merupakan suatu kenyataan bahwa anak usia SMP memang dalam perkembangan seperti itu, dan hal ini merupakan suatu proses untuk menuju yang lebih baik. Adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Dec 2016 07:39
Last Modified: 01 Oct 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44762

Actions (login required)

View Item View Item