LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN PPL UNY 2014

Yusnia Maryani, Yusnia Maryani (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN PPL UNY 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI LAMPIRAN.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FOTO.pdf

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Hasil Observasi Kondisi Sekolah.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jadwal plajran.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAPORAN KEUANGAN.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAPORAN MINGGUAN.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Matrik.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MINGGU EFEKTIF.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
OBSR DI LAP.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SERAH TERIMA MEDIA.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover Laporan.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Romawi.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU ppl.pdf

Download (450kB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktekkan ilmu yang bersifat praktis yang telah diterima di perkuliahan. Pada saat PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut sekaligus mencari ilmu secara empirik dan bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat di perkuliahan. Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk mendapatkan berbagai pengalaman mengenai proses pembelajaran dan kegiatan dalam lingkungan sekolah yang digunakan sebagai bekal menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang digunakan sebagai tenaga pendidik. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL langsung pada lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktek ini adalah SMP Negeri 1 Prambanan Klaten, yang dilaksanakan mulai dari tanggal 2 Juli 2014 hingga tanggal 17 September 2014. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di lapangan selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di lapangan pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 8 kali pertemuan, namun praktikan dapat melakukan kegiatan pengajaran di lapangan sebanyak 18 kali dalam empat kelas, yaitu kelas VIII A, VIII B, VIII C, dan VIII D. Metode yang digunakan dalam pengajaran di lapangan antara lain, kooperatif dan resiprokal. Hambatan selama dilaksanakannya PPL ada bersifat intern maupun ekstern, diantaranya dalam pengelolaan kelas yang sulit untuk dikendalikan, karena peserta didik ramai. Namun, hal ini merupakan suatu kenyataan bahwa anak usia SMP memang dalam perkembangan mencari identitas atau jati diri, dan hal ini merupakan suatu proses untuk menuju yang lebih baik. Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Dec 2016 07:32
Last Modified: 01 Oct 2019 12:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44761

Actions (login required)

View Item View Item