PENGARUH VARIASI DOSIS KMnO4 pada BUAH TOMAT (Lycopersico lycopersicum .L) VARIETAS SERVO PASCAPANEN terhadap KEBERADAAN YEAST

Purwanti, Eny (2016) PENGARUH VARIASI DOSIS KMnO4 pada BUAH TOMAT (Lycopersico lycopersicum .L) VARIETAS SERVO PASCAPANEN terhadap KEBERADAAN YEAST. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
ENY PURWANTI 12308141027.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian variasi dosis KMnO4 terhadapmutu buah terdiri dari kadar air, total asam, dan keberadaan yeast sebagai mikroba pembusuk buah tomat varietas Servo pascapanen. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan acak lengkap. Objek penelitianberupa buah tomat varietas Servo berjumlah 90 buah dengan kriteria berat ± 20-70gr dan warna buah kuning kehijauan menuju merah yang telah dipanen ke-6 kali. Tomat disimpan dengan perlakuan variasi dosis KMnO4 (0 ppm, 115 ppm, 120 ppm, 125 ppm, 130 ppm & 135 ppm)dengan 3 kali pengamatan (2, 4, dan 6 hari selama perlakuan), serta dilakukan 5 kali ulangan tiap dosis. Tomat dibungkus dengan plastik jenisHigh Density Polyethylene(HDPE). Hasil yang diperoleh dianalisis dengan analisis univariat dan dilanjut dengan uji DMRT (Duncan’s Multiple Range Test) untuk mengetahui beda nyata antar perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian variasi dosis KMnO4 dibandingkan perlakuan kontrol cenderungmempertahankan kadar air buah tomat pada 6 hari penyimpanan, sedangkan kadar asam total cenderung berfluktuatif baik pengamatan 2-6 hari. Pemberian KMnO4buah tomat antar perlakuan juga cenderung mempertahankan kadar air dan kadar asam total pada dosis 125 ppm dan 115 ppm, serta keberadaan yeast buah tomat varietas servo dengan perlakuan pemberian variasi dosis KMnO4 teridentifikasi genus yeast (Candida, Pichia dan Ambrosiozyma).Melihat hasil tersebut, maka dosis efektif yang digunakan untuk mutu buah tomat yaitu 125 ppm, karena dosis ini merupakan nilai terbaik perbandingan dari hasil beberapa uji yang dilakukan. Kata kunci: mututomat varietas Servo, kadar air, asam total tertitrasi, &keberadaan yeast.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 16 Dec 2016 02:03
Last Modified: 30 Jan 2019 12:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44760

Actions (login required)

View Item View Item